Innova Jadi ‘Rajanya’ Toyota di Negeri Bollywood


NEW DELHI (DP) – Di Tanah Air, Toyota Innova telah menjadi salah satu tulang punggung penjualan, meski bukan menjadi yang terlaris. Beda halnya dengan di India, MPV ini tampil sebagai model terlaris Toyota selama 2018.

Dalam pernyataan tertulisnya, Toyota Kirloskar Motor, agen pemegang merek Toyota di India, mengukir prestasi cukup apik tahun lalu, dengan mencatat kenaikan penjualan 9 persen YoY menjadi 151.480 unit.

Untuk model terlaris adalah Innova Crysta. Sejak diluncurkan pada Mei 2016, Innova selalu menunjukkan performa gemilang dalam menghadapi persaingan ketat di Negeri Bollywood itu.

Selama 2018, Toyota Innova membukukan penjualan sebanyak 78.130 unit, atau 5.781 unit lebih banyak dari capaian 2017, atau tumbuh 9 persen.

Di India, Toyota tak banyak meluncurksn produk anyar pada 2018, kecuali model sedan Yaris. Meski tak banyak memberikan dorongan pada penjualsn Toyota, Yaris mencatat kenaikan penjualan tahun lalu, yakni sebesar 10.799 unit, sejak dipasarkan pada April 2018. Kenaikan penjualan juga dicetak Liva dan Etios Cross, yakni sebesar 13 persen YoY.

Baca juga:  'Aksi Tipu-tipu' Toyota Soal Supra di LA Auto Show

Tapi model SUV Toyota yang sangat populer di India, Fortuner, menutup 2018 dengan mengemas penjualan sebanyak 21.800 unit, atau merosot 11 persen. Namun demikian, Fortuner tetap memimpin pasar di segmennya di tengah kehadiran Mahindra Alturas G4 dan Isuzu MU-X versi facelift.

Nasib terburuk dialami Camry, yang mencatat penurunan penjualan hingga 59 persen pada 2018, yakni hanya terlego sebanyak 334 unit. Toyota berharap penjualan Camry membaik menyusul rencana peluncuran Camry model terbaru yang sudah mengadopsi platform TNGA-K pada 18 Januari mendatang.

Selanjutnya, Toyota cuma melego 14 unit Prado dan 137 unit Land Cruiser di India tahun lalu, sementara Corolla mencatat penurunan penjualan 23 persen, atau sebanyak 3.268 unit.

Menghadapi persaingan pada 2019, Toyota berharap pangsa pasarnya akan meningkat menyusul kerjasama yang dijalin dengan Suzuki, yang akan menghasilkan model kembaran dari Vitara Brezza dan Baleno. [DP/TGH]

Baca juga:  Bengkel Body & Paint, Tuntaskan Layanan Purna Jual Suzuki ke Konsumen