Toyota ‘Baleno’ Siap Meluncur Semester Kedua


NEW DELHI (DP) – Toyota tengah menyiapkan ‘pesta’ menyambut kehadiran hatchback anyar pada semester kedua tahun ini. Tak berlebihan jika kemunculan model tersebut dibilang pesta, karena di India, kembaran model ini yang berlogo Suzuki cukup laris manis.

Seperti dilaporkan Press Trust India akhir pekan lalu, peluncuran hatchback baru Toyota di pasar otomotif India itu sebagai tindak lanjut dari kerjasama antara Toyota dan Suzuki pada Maret tahun lalu untuk mengembangkan produk bersama, baik untuk pasar India maupun mancanegara.

Toyota dan Maruti Suzuki sebelumnya telah sepakat untuk saling memasok kendaraan hybrid dan model kendaraan lain khusus untuk pasar India. Sesuai perjanjian itu, Suzuki akan memasok Baleno hatchback dan SUV Vitara Brezza untuk Toyota. Sebaliknya, Toyota akan memasok sedan Corolla kepada Suzuki.

“Pada semester kedua tahun fiskal mendatang, Toyota akan meluncurkan model yang berbasis Suzuki Baleno. Akan ada ubahan dari sisi eksterior untuk menyesuaikan dengan gaya desain khas Toyota,” kata seorang sumber di Toyota Kirloskar Motor (TKM), agen pemegang merek Toyota di India.

Namun demikian, TKM tidak memberikan komentar mengenai kabar waktu peluncuran Baleno berlogo Toyota itu.

“Berdasarkan kesepakatan Toyota-Suzuki, masing-masing pabrikan akan memasarkan kendaraan yang dipasok bersama di bawah merek dan logo masing-masing,” kata Wakil Presiden Toyota Kirloskar Motor, Atsushi Oki, dalam keterangan resminya.

“Di luar itu, kami tidak dalam posisi untuk membahas detail, seperti spesifikasi kendaraan di masa depan maupun rencana produk kami,” kata Oki.

Dia hanya menyebutkan bahwa Toyota akan meningkatkan lokalisasi komponen guna mendukung inisiatif “Make in India” demi menghemat biaya.

Terkait dengan harga Toyota Baleno, Oki mengatakan, “Kami memahami sensitivitas harga pasar di India. Kami akan terus menjaga momentum harga. Pada titik ini, rincian tentang harga sedang dibahas.”

Pekan lalu, Toyota dan Suzuki sepakat memperluas cakupan kolaborasi dan mendiskusikan proyek baru bersama di bidang pengembangan teknologi, produksi kendaraan, dan pengembangan pasar.

Berdasarkan perjanjian tersebut, TKM akan memproduksi model yang dikembangkan oleh Suzuki untuk dijual di India melalui jaringan merek masing-masing.

Selain itu, kedua perusahaan mengkaji kerja sama untuk mengekspor kendaraan yang dikembangkan Suzuki, termasuk yang diproduksi oleh TKM, dari India ke Afrika dan pasar lain melalui jaringan penjualan global.

Sejauh ini belum diketahui apa nama dari Baleno versi Toyota tersebut. [dp/TGH]