Toyota Supra Diklaim Bisa Lebih Ngebut Lagi Lho, Asalkan…


DETROIT (DP) – Di ajang North American International Auto Show 2019 di Detroit yang dibuka sejak 14 Januari, Toyota akhirnya memenuhi rasa penasaran publik dunia setelah meluncurkan model sport Supra yang telah lama dinantikan kehadirannya oleh para penyuka kecepatan.

Sebagai model sport berpenggerak roda belakang, New Toyota Supra tak cuma asyik untuk dikendarai, tapi juga menjadi salah satu mobil sport yang mampu tampil cepat di sirkuit, seperti Nurburgring misalnya.

Kepada Road & Track, Chief engineer New Supra, Tetsuya Tada, mengatakan bahwa meski pihaknya belum benar-benar serius menguji New Supra di Sirkuit Nurburgring, tapi diyakini mobil yang memiliki platform, mesin dan sejumlah komponen yang sama dengan BMW Z4 ini sangat mampu tampil cepat di sirkuit legendaris itu tapi dengan satu syarat.

Jika syarat itu dipenuhi, Tada yakin New Supra bisa tembus catatan waktu 7 menit 40 detik untuk satu kali putaran.

Baca juga:  Tanya Apa Saja Tentang Toyota, TARRA Siap Menjawab

“Kami belum memiliki catatan waktu resmi,” ujar Tada.

Untuk versi standar saja, new Toyota Supra kemungkinan bisa tembus batas kecepatan 250 km/jam di lintasan lurus Nurburgring. Nah, kecepatan itu dicapai New Supra dengan masih menggunakan peranti pembatas kecepatan.

“Suatu hari nanti, mungkin kami akan melepas speed limiter dan mencoba untuk mengukir waktu tercepat,” janji Tada.

Tapi meski versi standar, menurut dia, New Supra masih menjadi mobil sport yang benar-benar cepat. Untuk di Nurburgring, akan sangat mudah bagi New Supra untuk mengukir waktu 7:50 atau 7:40.

Tada berpromosi bahwa New Supra lebih ringan dan lebih rigid ketimbang BMW Z4. Kedua model ini menggunakan mesin yang sama, yakni 3.0-liter straight-six dan dipadukan dengan transmisi matik 8 percepatan. Akan tetapi, BMW Z4 memiliki tenaga mesin lebih besar, yakni 382hp dan torsi 369lb-ft, dibandingkan Supra yang bertenaga 335hp dan torsi 365lb-ft.

Baca juga:  Bertema ‘Absolute Professional’, Cara Mitsubishi Fuso Kedepankan Layanan, Produk, dan Komunikasi Profesional

Di sisi lain, BMW juga belum merilis catatan waktu resmi melibas Nurburgring dengan menggunakan Z4. Namun demikian, German Sport Auto pernah menjajal model pra produksi Z4 M40i mengitari sirkuit tua di Jerman itu dengan raihan waktu 7:55.

Sekarang kita akan menunggu ada yang mencoba New Supra tanpa speed limiter melahap Nurburgring, akan seberapa cepat catatan waktunya.

Bagi publik Tanah Air yang belum punya kesempatan ke Detroit, semoga saja Toyota Astra Motor memboyong New Supra ke ajang Indonesia International Motor Show 2019 dan juga Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019. [dp/TGH]