Daihatsu Terios Versi Malaysia Lebih Canggih dari Model Lokal


KUALA LUMPUR (DP) – Ketika publik Tanah Air menyambut kehadiran Daihatsu Grand Xenia pada Selasa (15/1) lalu, di saat yang sama masyarakat di negeri jiran Malaysia menyaksikan kemunculan SUV kembaran Daihatsu Terios, yang diberi nama Perodua Aruz.

Secara tampilan tak jauh berbeda antara Daihatsu Terios di Indonesia dengan Perodua Aruz, meski ada sedikit berbeda, terutama desain rumah lampu kabut dan bumper belakang. Tapi secara keseluruhan, kedua SUV ini sama sebangun.

Bagi Perusahaan Otomobil Kedua Sdn Bhd (Perodua), yang notabene adalah pabrikan mobil terbesar di Malaysia, Aruz yang dibanderol seharga mulai RM72.900 (Rp251 jutaan) ini menjadi model SUV tujuh penumpang pertamanya.

“Dengan Perodua Aruz, lebih banyak konsumen Malaysia sekarang dapat menikmati manfaat dari sebuah kendaraan jenis SUV, belum lagi sejumlah fitur canggih yang biasa ditemukan pada mobil dengan kelas di atasnya. Keunggulan ini membuat Aruz menjadi salah satu SUV dengan nilai terbaik saat ini, yang mengandalkan ruang kabin yang mewah dan lega, fitur keselamatan terkini dan juga tingkat konsumsi bahan bakar yang tinggi,” kata Presiden dan CEO Perodua, Datuk Zainal Abidin Ahmad, di sela acara peluncuran kembaran identik Daihatsu Terios itu.

Baca juga:  Dengan Mesin Baru, Apa New Xenia Bakal Bersaing dengan Avanza?

Aruz tentu menjadi model istimewa, tak hanya bagi Perodua tapi juga bagi masyarakat Malaysia. Hal itu tergambar dari peluncuran yang dilakukan oleh Menteri Industri dan Perdagangan Internasional Malaysia Datuk Darell Leiking dan disaksikan oleh Duta Besar Jepang untuk Malaysia, Dr Makio Miyagawa.

Ada dua varian Aruz yang ditawarkan, yakni 1.5 X dan 1.5 Advance, yang masing-masing dihargai RM72.900 dan RM77.900 (belum termasuk asuransi dan khusus di Semenanjung Malaysia). Di negeri jiran tersebut, konsumen diiming-imingi garansi selama lima tahun atau 150.000 km mana yang tercapai lebih dulu.

“Perodua Aruz memberikan arah baru bagi kami. Masuknya kami ke segmen SUV akan membawa kami ke teritori baru di mana kami akan berusaha memberikan kepuasan lebih kepada konsumen kami,” kata Zainal.

Perodua menargetkan penjualan lebih dari 30.000 unit Aruz hingga akhir tahun ini.

“Perodua Aruz diharapkan dapat melengkapi jajaran produk kami yang ada sekarang dan berdasarkan proporsi nilai kami, dan kami berharap model baru ini dapat terjual rata-rata sebanyak 2.500 unit per bulan atau 31.200 unit hingga akhir 2019,” sebut Zainal.

Baca juga:  UCCI Kedepankan Kekeluargaan Dan Transparasi

Dengan kandungan lokal sebesar 95 persen, Aruz menjadi kendaraan hemat bahan bakar keempat di jajaran model Perodua. Aruz mengusung mesin 1.5-liter dengan dual VVT-i, disandingkan dengan girboks matik 4 percepatan. Untuk konsumsi bahan bakar diklaim mencapai 15,6 km/liter.

Kedua varian Aruz ini sudah dilengkapi lampu utama LED dengan fungsi follow-me-home, velg alloy 17 inci, lubang ventilasi AC di kabin belakang, smart entry dan push to start button. Ada juga fitur penting, yakni built-in toll reader, charging ports di semua baris tempat duduk dan kamera mundur.

Untuk varian X, tempat duduknya berlapis bahan fabric, sedangkan untuk varian Advance sudah berbahan kulit pada tempat duduk dan lingkar kemudi. Model Advance juga ditambahkan fungsi otomatis pada lampu utama, kemudian roof rail, lampu kabut, integrated driving video recorder dan port HDMI.

Sedangkan untuk fitur keselamatan, kedua varian dibekali enam buah airbag, vehicle stability control, dan hill start assist control. Fitur-fitur itu juga ditemukan pada Terios di Indonesia.

Baca juga:  PCX Scooter Ride Bikin 'Heboh' Kota Bandung

Hanya saja, untuk Advance punya fitur keren dan canggih yang tak dijumpai pada Terios, yakni advanced safety assist 2.0, yang mencakup pedestrian detection (pendeteksi pejalan kaki) pada kecepatan hingga 50km/jam, pre-collision warning hingga 100km/jam dan pre-collision braking hingga 80km/jam. Tak cukup di situ, varian Advance juga disematkan fitur front departure alert dan pedal misoperation control.

Hebatnya lagi, Perodua Aruz sudah mendapatkan peringkat keselamatan 5 bintang ASEAN NCAP dari Malaysian Institute of Road Safety Research (MIROS).

Terdapat lima pilihan warna bodi untuk Aruz, yaitu Ivory White, Glittering Silver, Electric Blue, Granite Grey dan Amazon Green. [Dp/TGH]