Astra Donasikan (Lagi) 10 Truk Tangki Air Untuk PMI

PT Astra International Tbk menyerahkan donasi 10 truk tangki air kepada PMI.

JAKARTA (DP) – PT Astra International Tbk kembali menyerahkan secara simbolis bantuan 10 unit truk tangki air kepada Palang Merah Indonesia (PMI). Adanya bantuan ini diharapkan dapat membantu PMI dalam menyediakan air bersih di lokasi-lokasi darurat air bersih.

Dengan adanya tambahan ini, kini total truk tangki yang diserahkan oleh Astra untuk PMI berjumlah 20 unit, dimana tahun lalu Astra menyerahkan 10 unit truk tangki air.

Simbolisasi penyerahan dilakukan langsung oleh Presiden Direktur PT Astra International Tbk, Prijono Sugiarto kepada Pelaksana Harian (Plh) Ketua Umum PMI, Ginandjar Kartasasmita yang disaksikan Ketua Umum PMI Jusuf Kalla, Jumat (8/2).

“Semoga bantuan dari Astra ini turut memperkuat PMI dalam kondisi tanggap darurat bencana,” ujar Prijono, dalam keterangan tertulis yang diterima Dapurpacu, Sabtu (9/2) lalu.

Astra memiliki 4 pilar kontribusi sosial berkelanjutan, yakni Kesehatan, Pendidikan, Kewirausahaan dan Lingkungan. Di bidang Kesehatan, Astra menggandeng PMI dalam penyerahan bantuan 20.635 pasang kacamata yang dibagikan untuk anak-anak di daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T).

Baca juga:  Kendaraan Karya Anak Bangsa 'AMMDes', Satu Alat Beragam Manfaat

Sejak 2014 hingga akhir 2017, donasi kacamata tersebut telah didistribusikan ke sejumlah daerah antara lain Atambua-Nusa Tenggara Timur, Nunukan-Kalimantan Utara, Sabang-Banda Aceh, Entikong-Kalimantan Barat, Merauke-Papua, Natuna-Kepulauan Riau, dan Talaud-Sulawesi Utara.

Selain itu, untuk mendukung program Pemerintah ‘Indonesia Sehat’, Astra melakukan pembinaan 1.989 Posyandu, pembinaan 1.726 kader kesehatan, serta 78 Kampung Berseri Astra (KBA) di 34 provinsi.

Grup Astra juga berkomitmen dalam mendukung program pemerintah menangani kondisi darurat bencana alam. Personil Search and Rescue Astra (SAR Astra) yang kini berjumlah 58 personil telah diberangkatkan dalam kegiatan peduli bencana dengan nama Nurani Astra.

Nurani Astra tidak terbatas pada pemberian sumbangan tahap darurat bencana seperti banjir DKI Jakarta dan sekitarnya, tetapi berlanjut pada proses rehabilitasi dan pemulihan.

Kedua proses tersebut telah dilakukan oleh SAR Astra seperti di Meulaboh (2004), Padang Pariaman (2009), DI Yogyakarta dan Jawa Tengah (2011), Manado (2014), Lombok, Palu serta Banten (2018). [dp/MTH]