Sayonara Toyota Prius C, Selamat Datang Corolla Hybrid


LOS ANGELES (DP) – Diperkenalkan sebagai kendaraan konsep pada 2011 di ajang North American International Auto Show di Detroit, Toyota Prius c kemudian masuk sebagai anggota baru keluarga Prius, yang notabene sebagai mobil hybrid terlaris dunia.

Tapi seiring waktu, penjualan hatchback yang diberi nama Toyota Aqua di Jepang ini semakin lesu. Tak ingin konsumennya kian menyusut, terlebih semakin populernya kendaraan SUV dan crossover di seluruh dunia, Toyota memutuskan untuk mematikan model ini. Langkah ini juga untuk memberikan jalan bagi masuknya Corolla Hybrid ke deretan mobil hybrid Toyota.

Untuk Corolla Hybrid yang akan hadir sebagai model 2020 di pasar Amerika Utara, memiliki konsumsi bahan bakar 85,2 km per 3,7 liter di perkotaan, 83,6 km di jalan bebas hambatan, dan 83,6 km untuk kombinasi perkotaan dan jalan bebas hambatan. Sebagai model hybrid, Corolla yang mengadopsi platform TNGA akan dibekali Hybrid Synergy Drive yang selama ini disematkan pada Prius.

Baca juga:  Hankook Tire Tunjukkan Performa Ventus S1 evo3 pada Supercar Fest 2019

Sistem hybrid terbaru Toyota ini menggunakan dua motor/generator dan mesin Atkinson-cycle 1.8-liter, disandingkan dengan baterai nickel-metal hydride. Untuk tenaga totalnya mencapai 121 horsepower, yang disalurkan ke roda depan.

Ed Laukes, group vice-president of Toyota Marketing, mengatakan kepada Motor1 bahwa Toyota Prius C sudah memasuki masa pensiun. Mengalami pembaruan sebanyak dua kali (untuk model 2015 dan 2017), tenaga Prius c tercatat sebesar 99 horsepower, yang berasal dari mesin 1.5-liter Atkinson cycle dan ditopang dengan sebuah motor listrik.

Sempat mencatat penjualan apik, Prius C perlahan tapi pasti mulai ditinggalkan konsumen. Pada 2018, Prius C hanya mampu terjual sebanyak 8.399 unit di AS, bandingkan dengan 41.979 unit yang diboyong konsumen Negeri Paman Sam pada 2013. Sementara di kawasan Eropa, kendaraan hybrid lansiran Toyota begitu populer, seperti Yaris Hybrid yang mengemas penjualan apik setiap tahunnya.

Beralih ke Corolla Hybrid, Toyota mengklaim model ini akan mulai dipasarkan pada kuartal kedua tahun ini. Untuk harganya masih belum diumumkan.

Baca juga:  Empat Motor Custom Tanah Air Unjuk Taring di Eropa

Jika mengacu pada harga Prius yang dimulai di angka $23.770 dan Corolla model 2019 dibanderol $18.700, kemudian Corolla Hatchback manual dengan mesin Dynamic Force berharga $19.990, maka Corolla Hybrid kemungkinan akan dijajakan dengan harga mulai $20.000 atau $21.000. [dp/TGH]