Sstt…Honda Sudah Ancang-ancang Kembangkan Mobil Listrik

Honda of the UK Manufacturing Ltd. memastikan bakal menutup pabrik Swindon, Inggris, pada 2021.

LONDON (DP) – Honda baru saja mengumumkan rencana untuk merestrukturisasi jaringan manufaktur global miliknya. Ini bisa menjadi gelagat pabrikan mobil asal Jepang ini mulai menyiapkan lini produksi untuk mobil listrik murni.

Bisa jadi ini adalah respon Honda terhadap perubahan dalam industri otomotif global, yang diwarnai dengan semakin giatnya pabrikan mobil dunia dalam upaya mengembangkan mobil listrik.

Langkah ini juga merupakan upaya Honda untuk mengakselerasi komitmen mereka terhadap elektrifikasi kendaraan. Dengan tantangan yang dihadapi dalam pengembangan mobil listrik, membuat Honda harus merevisi opersional manufaktur global miliknya, dan memfokuskan kegiatan produksi mobil listrik di wilayah atau kawasan yang memiliki permintaan tinggi terhadap mobil dengan emisi nol persen itu.

Imbasnya, Honda of the UK Manufacturing Ltd. awal pekan ini memberitahukan kepada para karyawannya tentang rencana penutupan pabrik Swindon, Inggris, pada 2021, atau selaras dengan habisnya siklus produksi model kendaraan yang ada sekarang. Pabrik tersebut saat ini memproduksi 150.000 unit kendaraan per tahun, dan mempekerjakan sekitar 3.500 karyawan.

Baca juga:  Honda e Resmi Dijual Mulai Musim Panas 2020

Restrukturisasi global juga akan menyasar operasional Honda di Turki. Honda Turkiye A.S. saat ini menghasilkan 38.000 unit kendaraan per tahun. Pabrik ini akan menghentikan produksi sedan Civic pada 2021, namun tetap melanjutkan operasional bisnisnya di sana. Honda Turkiye A.S. akan terus melanjutkan dialog konstruktif dengan para pemangku kepentingan di Turki.

“Di tengah perubahan yang tak terhindarkan yang mempengaruhi industri otomotif, penting bagi kami untuk mengakselerasi strategi elektrifikasi yang telah kami canangkan seraya merestrukturisasi operasional global kami. Dampaknya, kami harus mengambil keputusan sulit untuk menjalin dialog dengan karyawan kami untuk membahas persiapan yang terhadap jaringan manufaktur di masa depan. Ini keputusan tak mudah dan kami juga prihatin dengan mereka yang terkena program restrukturisasi ini,” kata Katsushi Inoue, Chief Officer for European Regional Operations, Honda Motor Co., Ltd., dan juga Presiden Honda Motor Europe, dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga:  Mitsubishi Motors Tampilkan SUV Listrik di Tokyo Motor Show 2019

Untuk markas Honda Eropa akan tetap berada di Inggris, dan akan fokus dalam melayani kebutuhan konsumen dari kawasan Eropa. [dp/TGH]