Honda Bidik Pelajar Yang Jago Jualan di Medsos


JAKARTA (DP) – PT Astra Honda Motor (AHM) tengah bersiap menggelar kompetisi pencarian pelajar tingkat SLTA yang memiliki potensi mengembangkan diri melalui dunia wirausaha, yang dikemas dalam ajang Astra Honda Motor Best Student (AHMBS) 2019.

Menggandeng seluruh jaringan main dealer-nya di seluruh Indonesia, kegiatan yang telah menginjak pelaksanaan ke-17 ini mengusung tema ‘Creativepreneur Gen Milenial’.

Ada yang berbeda pada pelaksanaan tahun ini, dimana dilibatkan para alumni AHMBS yang akan berbagi ilmu dan pengalaman mengantarkan karyanya menjuarai kompetisi antar pelajar SLTA itu.

Adapun sosiasialisasi kegiatan dijadwalkan bakal diselenggarakan pada pertengahan Februari hingga Maret 2019. Pelajar yang mengikuti kompetisi ini akan diuji untuk memaparkan ide dan pengalamannya berwirausaha.

Kriteria yang akan dijadikan barometer penilaian meliputi tingkat kebaruan ide dan produk, peningkatan kualitas dan kreativitas produk di pasar, dampak bisnis bagi masyarakat, pencapaian bisnis yang tercermin dari penjualan, biaya, serta keuntungan.

Baca juga:  TAC chapter Pantura Rayakan Ultah Ke-4

Selain itu, dinilai juga kemampuan dalam strategi bisnis, analisis pasar, analisis persaingan, dan pengelolaan hubungan pelanggan. Seleksi peserta AHMBS tahun ini semakin ketat.

Penilaian dilakukan secara komprehensif terhadap kemampuan generasi muda yang memiliki minat berwirausaha ini dalam mengelola bisnis mulai dari aspek pemasaran, keuangan, operasional, dan SDM.

Mereka pun juga harus mampu menyusun sistematika proposal bisnis secara jelas dan terperinci yang menggambarkan model bisnis kepada para calon investor dalam simulasi bisnis.

General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan AHMBS diharapkan dapat menjadi pendorong dan inspirasi bagi generasi muda untuk mengembangkan ide kreatif melalui bisnis yang tumbuh berkesinambungan dan dapat berkontribusi di daerahnya masing-masing.

“Creativepreneur perlu dikembangkan di kalangan generasi milenial saat ini sehingga lahir ide-ide segar dan kreatif yang tidak hanya memberikan keuntungan pada siswa tapi juga orang-orang di sekelilingnya,” ujar Muhibbuddin.

Baca juga:  Begini Cara Memilih Cairan Penambal Ban Supaya Aman di Jalan

Penyaringan AHMBS 2019 akan dilakukan tidak hanya melalui penyajian presentasi dan makalah, namun juga melalui video kreatif melalui sosial media. Materi ini akan diunggah sejak Juni 2019 di akun media sosial peserta dan instagram @Sahabat1Hati dan @welovehonda_id.

Seleksi dilakukan dengan ketat karena setiap pelajar ini harus sudah memiliki usaha yang sudah dirintis dengan dilakukan di penjurian secara regional dan nasional dengan juri profesional bekerja sama dengan salah satu kampus bisnis terbaik di Indonesia, yaitu PPM School of Management.

Bisnis Online

Dalam kompetisi AHMBS yang diawali dengan seleksi di setiap daerah, para peserta ditantang tidak hanya mengikutsertakan bisnis yang sudah dijalani, namun juga dari segi kemampuan memasarkan bisnisnya melalui sosial media.

Kemampuan dalam memasarkan bisnis di media sosial dapat menjadi kesempatan emas bagi peserta kompetisi AHMBS untuk maju ke babak final. Satu siswa dengan video terbaik pilihan juri AHM akan mendapatkan Golden Ticket yang secara otomatis masuk tahap presentasi final enam besar di Jakarta.

Baca juga:  IMOS 2018, Booth Honda Absen Produk Baru

Peserta terbaik dalam kriteria ini harus memenuhi unsur penilaian kreativitas, teknik olah digital, dan popularitas video di media sosial.

Puncak kegiatan akan dilangsungkan pada Juli 2019 menjadi salah satu ajang bagi para pemenang di level regional ini untuk mendapatkan inspirasi melalui Inspiring Seminar dari para ahli di bidangnya dan berbagai agenda seperti kegiatan di Kampung Labirin Astra Honda.

Ini merupakan salah satu sarana untuk semakin menajamkan kreativitas yang telah dimiliki dan mengasah semangat kebangsaan untuk mengangkat kearifan lokal Indonesia di setiap daerah. [dp/MTH]