Harga Nyaris Rp20 Miliar, Pesanan Rolls-Royce Cullinan Penuh Sampai Juli


LONDON (DP) – Soal harga sepertinya bukan masalah bagi konsumen mobil super mewah semacam Rolls-Royce Cullinan. Buktinya, pesanan untuk model ini sudah penuh hingga Juli. Artinya, untuk pemesan baru harus rela menunggu lebih lama lagi untuk mendapatkan pesanan mereka.

Padahal, sampai sekarang pesanan untuk Cullinan terus mengalir tak terbendung, meski harganya untuk sebuah Cullinan mencapai sekitar 325 ribu dolar AS, atau kalau dirupiahkan nyaris Rp20 miliar. Kondisi itu membuat pabrikan asal Inggris itu harus menambah tenaga kerja dan jam kerja agar produksi bisa digenjot dan waktu inden dipersingkat.

Makin panjangnya daftar inden untuk Cullinan, selain karena jumlah pemesannya membludak, juga dipengaruhi oleh dipusatkannya produksi di pabrik Rolls-Royce di Goodwood, Inggris.

Brand Inggris yang sekarang dimiliki BMW itu sudah meningkatkan jumlah tenaga kerja sebanyak 200 orang agar mampu menambah kapasitas produksi.

Baca juga:  Ketiga Produk Hankook Tire ini Dianugerahi iF Design Award 2019

“Saya akan mendapat sedikit tambahan pasokan untuk Cullinan,” kata CEO Rolls-Royce Amerika Serikat, Martin Fritsches, seperti dilansir Automotive News.

Ia mengaku sudah memaksimalkan kapasitas produksi menjadi 100 persen, tapi karena permintaan terus bertambah maka kapasitas terpasang belum juga mencukupi.

Perlu diketahui bahwa kebanyakan konsumen dan calon konsumen Cullinan adalah para pemilik Rolls-Royce. “Banyak konsumen kami yang sudah memiliki Dawn atau Phantom, dan mereka membeli Cullinan sebagai Rolls-Royce kedua,” sebut Fritsches. Berbeda dengan Dawn dan Phantom, Rolls-Royce Cullinan adalah model terbaru jenis SUV.

Cullinan dibekali sistem penggerak 4×4, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen tajir yang tak hanya mendambakan mobil mewah tapi juga berkemampuan menerjang medan off-road. Di Kanada, Rolls-Royce hanya terjual sebanyak 100 unit tahun lalu, dan tahun ini diperkirakan akan meningkat menjadi sedikitnya 150 unit berkat dukungan dari model Cullinan.

Baca juga:  Pebasket Houston Rockets Ini Bikin Sepatu Mirip Tunggangannya

Pada tahun lalu, penjualan Rolls-Royce naik 20 persen dibandingkan 2017 menjadi 4.107 unit, yang sebagian ditopang oleh peluncuran Cullinan serta New Phantom. Sementara AS menjadi pasar terbesar bagi Roll-Royce, dengan mencatat kenaikan penjualan 22 persen dan menyumbang sekitar sepertiga dari total penjualan pabrikan tersebut.

Rolls-Royce memiliki 44 dealer di AS, yang tersebar di sembilan lokasi baru, termasuk di Palm Beach dan Fort Lauderdale, Florida; serta Atlanta dan Chicago, yang segera dibuka. [dp/TGH]