Upaya Suzuki Lahirkan Wiraniaga Berkompetensi

Salah satu peserta Suzuki Salesman Competition diuji oleh Yohan Yahya.

JAKARTA (DP) – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) divisi roda dua sukses menggelar ajang keahlian para tenaga penjual (wiraniaga) sepeda motor Suzuki yaitu Suzuki Salesman Competition 2019, yang terlaksana pada 25-27 Februari lalu.

Berlangsung di Hotel Santika, Kelapa Gading, kompetisi bertemakan ‘Tunjukan Nyali & Prestasi Terbaik’ ini dihelat guna memberikan apresiasi kepada Salesman Senior (pengalaman lebih dari 2 tahun), Salesman Junior (pengalaman kurang dari 2 tahun) dan Salescounter terbaik.

Sebanyak 83 peserta terpilih yang berasal dari 30 jaringan penjualan sepeda motor Suzuki di Indonesia saling berkompetisi untuk membuktikan siapa yang terbaik.

“Saya sangat berterima kasih atas kinerja rekan-rekan sekalian yang terus setia untuk membangun penjualan Suzuki yang lebih baik” kata Seiji Itayama, President Director SIS, dalam keterangan tertulisnya.

Para pemenang ajang Suzuki Salesman Competition 2019.

Sebelumnya, ke 83 peserta melalui dua periode babak penyisihan yaitu periode Juli-September 2018 dan Oktober-Desember 2018. Tiga Salesman Senior, tiga Salesman Junior dan dua Salescounter yang mencapai data penjualan terbaik terpilih untuk mewakili setiap region penjualan Suzuki Motor.

Baca juga:  Tax Holiday Pangkas Selisih Harga Mobil Biasa dan Listrik Jadi 30%

Di babak grand final, seluruh peserta diseleksi melalui tiga tes. Pertama, seluruh peserta mengerjakan soal ujian tertulis mengenai produk sepeda motor Suzuki.

Selanjutnya, 25 peserta terbaik dipilih untuk mengikuti interview mengenai keunggulan dan proses pembelian produk Suzuki yang dinilai oleh para Sales & Marketing 2W Section Head yang menjadi juri.

Kemudian, 13 peserta yang berhasil memperoleh poin tertinggi berhak lanjut mengikuti tes terakhir yaitu role play, dimana peserta diminta untuk mempresentasikan pemaparan produk Suzuki Nex II dengan metode LPSP (Lima Posisi Sudut Pandang) kepada calon pembeli.

Poin-poin utama yang dinilai antara lain bagaimana para peserta bisa menjelaskan tentang product knowledge, product advantage dan transaction process.

Khusus pada tes terakhir ini, setiap peserta langsung menghadapi dan diuji oleh Yohan Yahya, Department Head of Sales & Marketing 2W. Pemenang Suzuki Salesman Competition 2019 berhak membawa pulang hadiah istimewa.

Baca juga:  Kekuatan Jaringan Suzuki di Jawa Tengah Makin Kuat

Tak hanya berkompetisi, seluruh peserta juga diberikan kesempatan city tour di Jakarta sebagai bentuk hiburan dan merayakan kesuksesan para sales terbaik. Rencananya pelaksanaan kompetisi ini bakal menggelar rutin ajang ini.

“Tujuannya tidak lain terus memupuk semangat dan prestasi mereka dalam memberikan solusi produk sepeda motor bagi konsumen Tanah Air,” pungkas Ketua Pelaksana Suzuki Salesman Competition 2019, Sutisna Senjaya – DND & Logistic 2W Section Head SIS. [dp/MTH]