e Prototype, Langkah Awal Honda Menggapai Elektrifikasi Kendaraan


GENEVA (DP) – Di tengah geliat banyak pabrikan mobil mengembangkan kendaraan emisi nol persen, pekan ini Honda memanfaatkan Geneva Motor Show untuk mengumumkan ambisi mereka terhadap program elektrifikasi kendaraan.

Target Honda, pada 2025 mendatang semua mobil yang mereka pasarkan di Eropa tak lagi meminum BBM, tapi sudah mengadopsi teknologi listrik.

Target itu sesuai dengan rencana Honda yang dicanangkan pada 2017 lalu, yaitu dua pertiga penjualannya akan diisi oleh mobil listrik pada 2025. Ini jelas lebih cepat dari jadwal awal pada 2030, yang menjadikan raksasa otomotif Jepang ini berada di garis depan untuk mengejar target seluruh jajaran produknya tak lagi mengeluarkan emisi karbon.

Tom Gardner, Senior Vice President of Honda Motor Europe, mengatakan bahwa selaras dengan program yang diumumkan pada Maret 2017, perubahan strategi bisnis menuju era elektrifikasi telah berada di jalur yang tepat.

Baca juga:  Tampil Makin Fresh, New Sigra Naik Rp1,5 juta

Tantangan seputar lingkungan terus memberikan dorongan bagi seluruh produsen mobil menghasilkan kendaraan yang tak mencemari lingkungan.

Dan untuk menegaskan ambisinya, Honda telah memperkenalkan prototipe mobil listrik pertamanya untuk pasar Eropa, yang diberi nama e Prototype.

Tetap mengusung trademark Honda sebagai kendaraan dengan pengemudian dinamis, e Prototype menggunakan sistem penggerak roda belakang dan memiliki daya jelajah lebih dari 200 km, serta dibekali fungsi pengisian cepat yang memberikan daya jelajah 80% hanya dalam waktu 30 menit.

Versi produksi dari e Prototype akan diperkenalkan akhir tahun ini, dan hingga saat ini Honda telah mengantongi 15.000 calon konsumen yang minat terhadap mobil listrik imut ini.

Pada awal tahun ini, Honda sukses meluncurkan all-new CR-V hybrid, yang dilengkapi teknologi hybrid dengan dua motor listrik i-MMD. Honda berharap teknologi ini memainkan peran penting untuk mengejar target full electric pada 2025.

Baca juga:  Honda e Resmi Dijual Mulai Musim Panas 2020

Lambat tapi pasti, persaingan di segmen mobil listrik mulai ketat. Di segmen yang akan dimasuki Honda e Prototype sudah ada Nissan Leaf dan pendatang baru Fiat 120. Belum lagi di segmen sedan, SUV dan crossover, di mana sejumlah pabrikan berlomba dalam elektrifikasi kendaraan.

Langkah Honda selanjutnya adalah melakukan studi kelayakan untuk mengkaji teknologi yang mereka kembangkan di wilayah lain, seperti London, Inggris, dan Jerman. [dp/TGH]