Toyota Siap Pasok RAV4 dan Corolla Wagon Listrik ke Suzuki


TOKYO (DP) – Toyota dan Suzuki medio pekan ini resmi mengumumkan kesepakatan untuk memperluas kemitraan bisnis mereka di bidang baru terkait dengan elektrifikasi kendaraan dan menggarap pasar global bersama-sama.

Salah satu bagian dari bisnis baru keduanya adalah, Toyota Hybrid System akan dipasok ke Suzuki, yang akan digunakan pada produk global dari pabrikan mobil berlogo S ini.

Toyota disebutkan juga akan memasok beberapa model listrik baru kepada Suzuki, yang akan diperkenalkan di pasar Eropa.

Model pertama akan dibangun di atas platform Toyota RAV4 dan model kedua kemungkinan adalah Corolla Wagon. Kedua model itu kini mengadopsi Toyota New Global Architecture (TNGA).

Untuk model RAV4 hybrid berbasis platform TNGA-K, sedangkan Corolla Wagon menggunakan platform TNGA-C. Kedua platform ini sedikit berbeda, namun kedua pabrikan tidak menjelaskan secara rinci mengenai kedua model itu. Apalagi Toyota belum meluncurkan kedua model itu dalam versi listriknya di Eropa.

Baca juga:  Manado Kota Pamungkas Saturday Night Ride 2019

Toyota RAV4 hybrid model generasi kelima melakukan debut di Eropa di ajang Paris Motor Show 2018. Model ini ditenagai mesin bensin 2.5 L dengan dua motor listrik, dan tenaganya mencapai 222 PS.

Sedangkan Corolla Wagon Hybrid memiliki dua pilihan mesin, yakni 1.8 L dan 2.0 L. Untuk varian 1.8 L hybrid menghasilkan tenaga 122 PS, sementara varian 2.0 L hybrid bertenaga 180 PS.

Mesin hybrid terbaru Toyota diklaim lebih responsif dan memiliki teknologi self-charging EV. [dp/TGH]