AMMDes Siap ‘Terbang’ ke 49 Negara di Dunia


SERPONG (DP) – Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto resmi membuka The 2nd AMMDes Summit and Exhibition 2019, yang berlangsung selama dua hari Senin – Selasa (15-16/4) di Indonesia Convention Exhibition BSD, Tangerang.

Bersamaan dengan kegiatan tersebut turut pula diperkenalkan kepada seluruh undangan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) generasi ketiga, yang merupakan produk transportasi pedesaan siap produksi.

Dalam sambutannya, Airlangga mengatakan Kementerian Perindustrian secara konsisten dan berkelanjutan terus mendorong pemanfaatan dan pengembangan AMMDes untuk produktivitas masyarakat desa. Kehadiran AMMDes, lanjutnya, sejalan dengan fokus pemerintah dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Kami mendorong upaya membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa yang diwujudkan melalui pendekatan guna mengatasi ketimpangan dan mengembangkan potensi yang ada di pedesaan,” kata Airlangga.

Sebagai informasi, AMMDes secara resmi telah diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo dan Menperin pada even Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2018.

Baca juga:  Telkomsel Indonesia International Motor Show Resmi Dibuka

“AMMDes merupakan salah satu produk modernisasi yang masuk dalam program kerja Jokowi-JK. Karena itu, diharapkan alat multifungsi ini dapat meningkatkan produktivitas sehingga dapat juga membawa kesejahteraan masyarakat,” tambahnya.

Masih menurut Menperin, alat untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat di pedesaan tersebut telah melalui berbagai tahapan pengembangan dan uji coba. Saat ini, AMMDes diproduksi massal oleh PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI).

PT KMWI memiliki kapasitas produksi hingga sebanyak 3.000 unit per tahun, dan rencananya perusahaan akan meningkatkan kapasitas terpasangnya menjadi 12 ribu unit per tahun di 2020.

“Komponen lokal AMMDes sudah lebih dari 70%. Untuk muatan penuhnya bisa mencapai 700 kg dan variasi kemiringan 20 hingga 30 derajat. AMMDes dilahirkan karena melihat infrastruktur atau jalan desa, sehingga dapat dimanfaatkan di jalan yang sangat ekstrim,” paparnya.

Di samping terbukti mampu memenuhi kebutuhan dalam negeri, AMMDes juga telah diminati oleh negara-negara lain. Hal ini ditandai dengan penandatangan Letter of Intent antara PT Kreasi Mandiri Wintor Distributor sebagai perusahaan distribusi AMMDes-KMW dengan PT Repindo Jagad Raya.

Baca juga:  Kemenperin ‘Ngegas’ Industri Otomotif Agar Berorientasi Ekspor

Kerja sama keduanya terkait tentang rencana ekspor 10 ribu unit AMMDes dalam hingga 2023 ke 49 negara di dunia, dan beberapa negara di Asia Tenggara.

Pada kegiatan The 2nd AMMDes Summit juga dilakukan serah terima AMMDes Ambulance Feeder sebanyak dua unit dari PT KMWI kepada United States Agency for International Development (USAID) untuk kebutuhan pelayanan kesehatan.

Hingga kini, sudah ada 10 varian AMMDes untuk 10 aplikasi sesuai kebutuhan. Aplikasi yang disusupkan meliputi perontok padi, penjernih air, ice flake maker, pengolah kopi, pemoles beras, generator listrik, pasca panen pisang, dan Ambulance feeder. [dp/MTH]