Alex Rins Tumbangkan Dominasi Penguasa Austin


AUSTIN (DP) – Suzuki dan Alex Rins boleh berbangga hati usai menguasai Circuit of The Americas (COTA) akhir pekan kemarin. Bagaimana tidak, di sirkuit yang terbilang menjadi wilayah kekuasaan Marc Marquez, Rins mampu bertengger di podium pertama usai menumbangkan Valentino Rossi.

Kemenangan sang Spaniard boleh jadi jauh di luar prediksi para pencinta balap motor Grand Prix. Dalam enam musim terakhir yaitu sejak sirkuit tersebut digulirkan pada 2013, praktis The Baby Alien menguasai podium pertama.

Di balik itu, perolehan hasil terbaik tersebut turut menjadi debut podium 1 yang pertama bagi Rins, dan kedua bagi Team Suzuki Ecstar MotoGP sejak musim balap 2016 lalu.

Ketenangan dan fokus menjadi kunci utama bagi Rins dalam memenangkan perlombaan. Khususnya saat dirinya harus berduet di trek dan menumbangkan sang idolanya.

“Ini luar biasa! Saya sangat senang memenangkan balapan di sini! Terima kasih Suzuki. Mereka melakukan pekerjaan hebat, (menjadikan) motor yang bagus selama ini,” ucap Rins usai memenangkan balapan Minggu (14/4) dini hari.

Baca juga:  MotoGP Catalunya, Marc Marquez Pakai Helm Spesial

“Dalam pemanasan kami mencoba set-up yang berbeda dan itu tidak bekerja seperti yang kami harapkan, jadi kami kembali ke pengaturan yang biasa untuk balapan dan ternyata kami menang, itu super!” tambahnya.

Memulai balapan dari posisi start ke-7, pebalap berusia 23 tahun ini dengan cepat memperbaiki posisinya hingga masuk lima besar pada putaran awal. Dengan kepercayaan diri di atas Suzuki GSX-RR dan gaya balapan yang tenang, Rins mampu menghindarkan dirinya dari insiden-insiden yang merugikan.

Perlahan namun pasti akhirnya sang Spaniard masuk ke barisan terdepan dan bertarung dengan sang juara dunia 9 kali. Namun berkat kecepatan mengatur strategi, kerja keras dan ketenangan dalam tekanan lawan-lawan yang lainnya, dirinya mampu menjaga kecepatan dan posisinya hingga menutup jalannya balapan di posisi terdepan.

Dengan hasil tersebut penempatkan Rins bertengger di urutan ketiga klasemen sementara MotoGP 2019, dengan raihan 49 poin, terpaut lima poin dari pemuncak klasemen Andrea Dovizioso.

Baca juga:  Kawasan Perumahan ini Disulap Jadi Sirkuit Sprint Rally Tarmac

“Saya kehilangan kata-kata! Saya mengelola tekanan dengan baik, meskipun saya sedikit menderita di lap terakhir. Ketika saya melewati garis finish semua perasaan bercampur aduk dalam satu waktu bersamaan,” ujarnya.

Team Manager, Davide Brivio menyambut gembira dengan hasil gemilang yang dicapai Alex Rins. Ragam pujian pun dilontarkan dirinya kepada Rins.

“Sangat luar biasa bagi Alex, ini bukti lebih lanjut dari cara dia menjadi dewasa dan melakukan peningkatan. Ketika ia mulai bersama kami, ia menderita banyak cedera, dan sejak itu ia telah bekerja sangat keras dan prestasi ini adalah sesuatu yang sangat pantas ia dapatkan,” sahut Brivio.

“Sekarang saya dapat mengatakan bahwa target kami musim ini adalah kemenangan, dan kami telah melakukannya pada balapan ketiga. Sedangkan Joan Mir memiliki kecepatan yang luar biasa namun hari ini ia belajar sesuatu yang penting bagi karir balapnya di MotoGP. Saya senang dengan perbaikannya,” tandasnya. [dp/MTH]