Tak Cuma Gagah, Toyota Highlander 2020 Makin Mewah dan Canggih


NEW YORK (DP) – Demi menjaga popularitas SUV keluarga di pasar Amerika Serikat, Toyota meluncurkan model generasi baru Highlander di ajang New York Auto Show 2019.

Salah satu model legendaris Toyota di pasar Amerika Utara ini dibekali tiga baris bangku, sehingga digemari para keluarga di negerinya Presiden Trump itu. Hadir sebagai generasi keempat, new Highlander ditawarkan dalam versi bermesin konvensional V6 dan hybrid.

Karena belum dirilis detail spesifikasi dapur pacunya, diperkirakan mesin yang diusung Highlander model 2020 ini adalah 3.5L V6 bertenaga 292 hp dan torsi 263 lb-ft, dengan konsumsi bahan bakar rata-rata 10,2 km/liter. Sedangkan untuk varian Hybrid diperkirakan mencapai 14,4 km/liter 34 mpg, atau lebih irit 17% ketimbang varian Hybrid model lama.

Varian bermesin V6 dilengkapi fitur automatic stop/start system dan transmisi matik 8 percepatan, sehingga mampu untuk menarik beban seberat 2,2 ton bila dibekali alat derek.

Baca juga:  All-New Nissan Livina Hadir Panaskan Segmen Low MPV

Mengemudi makin mantap karena new Highlander juga disematkan fitur Dynamic torque vectoring AWD, yang tak hanya dapat membagi torsi roda depan dan belakang, tapi juga untuk roda kiri dan kanan. Itu belum cukup, karena fitur ini dapat menonaktifkan jalur penggerak roda, yaitu hanya menggerakkan roda depan untuk menghemat BBM.

Untuk model Hybrid, tersedia sistem penggerak front-wheel drive atau AWD, yang disandingkan dengan mesin 2.5L 4 silinder dengan dua motor listrik sehingga menghasilkan tenaga total 240 hp. Varian Highlander AWD memakai motor listrik untuk menggerakkan as roda belakang bila diperlukan.

Sesuatu yang menjadi pusat perhatian dari Highlander anyar adalah memiliki kompatibilitas Android Auto sebagai standar. Ini menjadi model pertama Toyota yang mengadopsi sistem racikan Google tersebut, melengkapi sistem sebelumnya, yakni Apple CarPlay dan Amazon Alexa.

Yang menarik juga adalah fitur opsional berupa layar sentuh besar berukuran 12,3 inci. Sedangkan peranti standarnya adalah layar 8 inci.

Baca juga:  Nissan 'Buka-Bukaan' Wujud All New Livina di Jalan

Penumpang makin dimanjakan dengan keberadaan charger handphone nirkabel, konektivitas wifi, pintu bagasi elektrik, head-up display, lampu utama adaptif, kursi depan berpenghangat dan berventilasi. Juga ada spion tengah digital, birds-eye parking camera, dan sistem audio 1.200 watt. Tongkrongan makin gagah berkat dukungan roda ukuran 20 inci.

Untuk fitur keselamatan, tak perlu disangsikan lagi, karena pada Toyota Highlander 2020 sudah dibenamkan Toyota Safety Sense 2.0. Sistem keselamatan canggih ini meliputi pre-collision system with pedestrian detection, full-speed adaptive cruise control, lane departure alert with steering assist, automatic highbeams, lane tracing assist, dan road sign assist.

Sedangkan blind spot monitoring, rear cross traffic alert, dan automatic reverse emergency braking ditawarkan sebagai fitur opsional.

Di bangku baris kedua bisa dimaju-mundurkan untuk memberikan ruang bagi kaki penumpang di kursi baris ketiga.

Toyota Highlander 2020 memiliki area bagasi 2,36 inci lebih panjang ketimbang model lawas. Ruang bagasi bisa lebih luas lagi bola bangku baris kedua dan ketiga dilipat rata ke depan, sehingga bisa untuk membawa sepeda atau barang yang berukuran panjang.

Baca juga:  Telkomsel Indonesia International Motor Show Resmi Dibuka

Toyota menjanjikan kesenyapan kabin lebih dan minim getaran untuk new Highlander dibandingkan model lama. Selain itu, model anyar ini lebih stabil dan memiliki radius putar lebih kecil dari generasi sebelumnya.

Toyota Highlander 2020 akan resmi dipasarkan pada akhir tahun ini, dan varian hybrid menyusul pada Februari 2020. Toyota Highlander akan bersaing dengan SUV 7-8 seater lainnya, semacam Honda Pilot, Subaru Ascent, Volkswagen Atlas, Kia Telluride, dan Hyundai Palisade. [dp/TGH]