Kedua Mobil Listrik ini Jadi Armada Bluebird


JAKARTA (DP) – Bluebird Group menjadi armada taksi pertama yang mengaplikasikan kendaraan ramah lingkungan bermesin listrik di Indonesia. Hal ini diwujudkan melalui penyediaan sejumlah unit mobil untuk layanan Bluebird dan Silverbird.

Total 29 unit armada yang terdiri dari 25 unit mobil listrik asal China BYD e6 A/T, dan 4 unit Tesla Model X 75D A/T, menjadi langkah awal Bluebird Group menghadirkan kendaraan yang ramah lingkungan.

Seluruh unit tersebut dijadwalkan mulai beroperasi pada bulan depan (Mei). Presiden Direktur Blue Bird Group Holding, Noni Purnomo mengatakan pihaknya bangga menjadi pionir dalam menghadirkan kendaraan listrik di industri transportasi Indonesia.

“Bluebird terus melakukan inovasi dan terobosan-terobosan baru, sehingga Bluebird dapat menjadi penyelenggara angkutan taksi terdepan di Indonesia,” ujar Noni, disela peluncuran di kawasan Mampang, Jakarta, Senin (22/4) lalu.

“Melalui terobosan inovasi dari kendaraan listrik ini, Bluebird tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan dan kenyamanan bagi pelanggan, juga menjadi bagian dari komitmen perusahaan dalam mendukung pelestarian lingkungan, khususnya peningkatan kualitas udara di Jakarta,” tambahnya.

Baca juga:  Kelak Mobil Listrik Wajib 'Berisik' Agar Ramah Tuna Netra

Di sisi lain, Direktur PT Blue Bird, Tbk, Adrianto Djokosoetono menuturkan, selain dukungan dalam bidang pelestarian lingkungan, pengoperasian mobil bertenaga listrik ini juga memberikan nilai tambah dalam kaitan dengan program ketahanan dan bauran energi nasional, program pengurangan penggunaan dan subsidi BBM, serta program pengurangan emisi gas buang yang dilaksanakan pemerintah.

Sebagai langkah berikutnya, lanjut Adrianto, pihaknya berencana untuk mengoperasikan lagi 200 mobil listrik hingga tahun 2020. Dengan begitu, Bluebird telah membantu menghilangkan 434,095 kg emisi CO2 atau konsumsi BBM sebanyak 1.898.182 liter.

Adrianto juga bakal menambah lagi armada tersebut hingga 2.000 unit pada periode tahun 2020 – 2025. Efeknya, tingkat polusi CO2 bakal berkurang 21.704.760 kg emisi CO2 atau setara dengan konsumsi BBM sebanyak 94.909.091 liter.

Dengan adanya armada ini, Bluebird juga telah menyediakan infrastruktur berupa penyediaan station charging, sementara nilai investasi yang digelontorkan untuk unit dan station charging-nya sekitar Rp40 miliar.

Baca juga:  Sstt...Honda Sudah Ancang-ancang Kembangkan Mobil Listrik

Untuk Tesla Model X ini akan menjadi taksi premium yang dikenal dengan Silver Bird. Sementara untuk BYD e6 akan jadi taksi Blue Bird reguler yang berwarna khas biru. [dp/MTH]