Xpander AP4 Concept Munculkan Kembali DNA Rally Mitsubishi


JAKARTA (DP) – Titel reli atau balap memang tidak bisa lepas dari DNA Mitsubishi. Ragam produk mobil yang digelontorkan pun terus bernapaskan aura tersebut. Tak terkecuali pada Xpander AP4 Concept, yang muncul perdana di pameran Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019.

Mobil purwarupa hasil kolaborasi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dengan Rifat Sungkar ini memang mampu mengundang decak kagum pengunjung, sejak selubungnya diungkap saat pembukaan perhelatan itu, Kamis (25/4) lalu.

Xpander AP4 sendiri merupakan sebuah konsep mobil yang diciptakan dari buah pemikiran Rifat yang berangan-angan untuk membuat mobil low-MPV 7 seater ini menjadi suatu kendaraan kompetisi yang atraktif dan tergolong ekstrim.

Untuk mewujudkannya, Rifat menjalin kerja sama dengan modifikator digital berbakat, Yoga Budi Widiantoro, yang sukses membuat konsep Xpander AP4 dalam bentuk 3D. Dan direncanakan Xpander bakal mengikuti even bertajuk AP4 tahun ini.

Baca juga:  'Kartini Vina' Menabur Keunggulan Glory580 Menggunakan Pasir

“Mobil ini begitu inspiratif bagi saya karena Mitsubishi punya sejarah penting di ajang motorsport dunia. Bahkan impresi saya ketika mencoba Xpander pertama kali di Jepang 2,5 tahun yang lalu sangat baik terutama dalam hal handling dan suspensi,” ungkap Rifat disela temu media, Jumat (26/4).

Pria yang saat ini menjabat sebagai Ketua Komisi Rally IMI Pusat mengaku konsep modifikasi yang dituangkan pada AP4 mengikuti regulasi yang telah ditetapkan, yakni harus menggunakan basis kendaraan harian yang diproduksi dan dijual secara massal di pasaran.

Selain itu, Regulasi yang dimaksud juga meliputi kesetaraan struktur suspensi dan kontrol mesin yang digunakan. Melihat bodi Xpander yang begitu ideal juga membuat Rifat berpikir untuk melakukan pengembangan dari arah modifikasi untuk bisa menyerupai konsep AP4.

Rifat mengaku garis bodi yang modern dengan aerodinamika yang maksimal menjadikan Xpander memiliki struktur yang ideal. Kegiatan di ajang motorsport ini adalah sebagai pembuktian Xpander yang lebih dari sekedar mobil MPV keluarga, dengan fokus pada kekuatan, ketahanan termasuk impresi dan kemampuan berkendara yang fenomenal.

Baca juga:  Mau Nyaman ke Ibu kota, Perhatikan 5 Hal Ini Pada Motor

“Dari awal saya menimbang mobil ini juga memiliki distribusi bobot depan belakang yang seimbang, sehingga saya sangat yakin mobil untuk menjadikan mobil ini sebagai konsep AP4 di Indonesia,” tambahnya.

Unit display Xpander AP4 Concept dimodifikasi secara minimalis dengan kamuflase livery, aksesoris sporty, juga logo Xpander. Meski begitu wujud asli dari Xpander AP4 Concept ini masih belum dikatakan final.

Rifat dan MMKSI telah menjadwalkan bakal memunculkan versi asli Xpander AP4 Concept termasuk livery-nya kelak pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Agustus mendatang. [dp/MTH]