Toyota Bangun Replika Sirkuit Nürburgring Untuk Uji Kendaraan


TOKYO (DP) – Sirkuit Nürburgring Nordschliefe di Jerman adalah sirkuit yang sangat terkenal sebagai lokasi pengujian kendaraan bagi sejumlah pabrikan mobil maupun motor.

Nürburgring merupakan sirkuit dengan komposisi desain lintasan dan tantangan paling lengkap. Dengan belokan lebih dari 154 belokan dan lebar jalan yang sempit membuat Nürburgring sangat menantang. Keseluruhan lintasan Nürburgring juga memiliki struktur elevasi yang berubah-ubah. Lintasan jalannya tidak smooth, alias bumpy. Belum ditambah banyaknya tanjakan dan turunan.

Bukan hanya itu saja, sirkuit ini memiliki lintasan yang sangat panjang, yaitu lebih dari 20 km. Karakteristik inilah yang membuat Nürburgring menjadi salah satu sirkuit yang sangat berbahaya di dunia. The Green Hell, adalah nama julukan yang sudah lama melekat dengan sirkuit ini. Di balik asri dan hijaunya pepohonan, di dalamnya terdapat sebuah “neraka” yang sudah banyak menyiksa siapa yang berani menjajalnya

Sementara itu, Toyota, raksasa otomotif Jepang ini menilai penting membangun sirkuit pengujian sendiri dengan mengacu pada karakteristik yang dimiliki Nürburgring. Hal itu penting untuk mendukung target Presiden Toyota Akio Toyoda untuk membuat mobil yang lebih baik, tak hanya dari sisi reliabilitas alias kehandalan, tapi juga apik dalam hal performa.

Baca juga:  Mengenal Lebih Dekat All-new Toyota Corolla Altis

Sirkuit kembaran Nürburgring yang menyita lahan seluas 650 hektare itu tengah dibangun di kawasan markas Toyota di Prefektur Aichi.

Menurut Toyota, track ini benar-benar mirip dengan karakteristik Nürburgring Nordschleife. Di kedua sisi lintasan ditumbuhi ribuan pohon, dengan lahan hijau mencapai sekitar 70% dari keseluruhan area sirkuit.

“Saya ingin menyampaikan penghormatan setinggi-tingginya kepada pemerintahan di Prefektur Aichi Prefecture, Toyota City, Okazaki City, dan yang tak kalah penting kepada penduduk Shimoyama atas dukungan, pengertian dan kerjasama mereka sejak tahapan konsep hingga berdirinya Toyota Technical Center Shimoyama,” kata Akio Toyoda dalam pernyataan resminya.

Belum ada detail resmi yang menguak panjang total sirkuit, juga belum terungkap apakah sirkuit ini nantinya dibuka untuk umum atau tidak. Diperkirakan pembangunan sirkuit selesai pada 2023 mendatang. [dp/TGH]