Mitsubishi Yakin Xpander Bakal Kompetitif di Ajang Rally


JAKARTA (DP) – Mitsubishi Xpander AP4 Concept memang telah unjuk diri untuk pertama kalinya di ajang Telkomsel IIMS 2019, yang berlangsung di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Balutan balap reli kental menyusup di seantero bodi dan interiornya.

Pengunjung pun cukup berdecak kagum melihat sosoknya yang jauh berbeda, tanpa meninggalkan kesan sebagai kendaraan keluarga andalan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) itu.

Seperti diketahui, Xpander AP4 Concept merupakan hasil kolaborasi antara MMKSI dengan pereli nasional sekaligus product ambassador Mitsubishi Motors Indonesia, Rifat Sungkar.

Budi D Daulay, Deputy Group Head of Sales and Dealer Management Area 1 PT MMKSI, mengatakan bahwa seluruh ide hadirnya mobil balap konsep tersebut lahir dari Rifat. Sebab, menurutnya, Rifat tahu sepenuhnya terkait teknis dan kemampuan Xpander jika dibesut di ajang balap.

“Semua yg dikreasikan baik itu ide, rancangan dari sisi teknis, semua benar-benar dilakukan oleh Rifat. Karena memang beliau sudah paham luar dalam soal Xpander dan regulasi ajang rally AP4,” sahut Budi.

Baca juga:  Kompetisi Futsal, Cara DAM Rangkul Komunitas Motor di Jabar

Menurut Intan Vidiasari, Deputy General Manager of Coordination & Development Office PT MMKSI, untuk bisa mengaplikasikan seluruh peranti balap pada Xpander memang dibutuhkan waktu yang panjang.

Bahkan, project Xpander AP4 ini juga seperti melanjutkan kiprah model Pajero Sport yang telah lebih dulu menjadi tunggangan Rifat di ajang Speed Offroad.

“Diskusinya cukup panjang untuk menghasilkan Xpander AP4 ini. Jika sebelumnya Rifat kita sponsori ikut speed offroad dengan Pajero Sport, sekarang support Xpander untuk ikut balap rally,” tambah Intan.

Sementara itu, Rifat sebagai sosok di balik kemunculan Xpander AP4 ini, juga membeberkan bagaimana dirinya sampai bisa benar-benar membuat mobil konsep ini sehingga siap menjadi mobil balap yang kompetitif di atas lintasan rally.

Rifat mengaku meski Xpander hadir disegmen MPV namun punya basis sasis dan karakter dari Mitsubishi Evo, sehingga dia meyakini mobil tersebut cocok dijadikan mobil rally AP4, di mana di ajang itu kendaraan yang digunakan merupakan unit yang dijual secara massal.

Baca juga:  Ikuti Permainan ini, Wuling Almaz Siap Diboyong ke Rumah

“Oleh karena itu, Xpander AP4 sangat memungkinkan untuk dimodifikasi dan turun di ajang balap rally,” tutup Rifat.

Pihak MMKSI mengakui bahwa bentuk asli Xpander yang bakal diterjunkan di ajang tersebut tidak akan seperti ini, sementara tampilan aslinya dijadwalkan bakal dimunculkan di pameran GIIAS pada Agustus mendatang. [dp/MTH]