Siap-siap … Bakal Kebanjiran Mobil Impor Bekas Asal China


BEIJING (DP) – Kita berharap pemerintah Indonesia dapat melindungi industri otomotif dalam negeri seiring rencana ekspor mobil bekas eks China.

Memang belum disebutkan negara mana saja yang bisa menerima mobil impor bekas dari Negeri Tirai Bambu. Tapi paling tidak, kebijakan baru otoritas China yang menyetujui ekspor kendaraan bekas untuk memacu penjualan mobil baru itu dapat diantisipasi dengan baik. Karena kalau tidak, pasar otomotif lokal akan dibanjiri mobil impor bekas China, yang harganya tentu lebih murah.

Persetujuan ekspor kendaraan bekas yang diberikan Kementerian Perdagangan China itu dimaksudkan untuk menggairahkan kembali pasar otomotif Negeri Panda yang belakangan loyo sebagai dampak dari perang dagang dengan Amerika Serikat.

Selain merestui ekspor mobil bekas, pemerintah China juga telah memangkas pajak demi mendongkrak penjualan mobil baru.

Adapun mobil-mobil bekas yang boleh dikirim ke luar negeri itu berasal dari 10 kota dan provinsi di seantero Negeri Kungfu, termasuk Beijing, Shanghai dan Guangdong.

Baca juga:  Mobkas Menggeliat, Carsentro Bidik Lokasi Strategis di Makassar

Sebagai persiapan, otoritas China akan mulai mengidentifikasi perusahaan-perusahaan yang dapat menangani ekspor. Selain itu, disiapkan juga prosedur pengujian untuk memastikan kualitas dan aspek keamanan dari kendaraan yang akan diekspor.

Selama 2018, tercatat 13,82 juta unit mobil bekas dijual di China, dibandingkan dengan 28,08 juta mobil baru terjual pada periode yang sama. [dp/TGH]