GT Cikarut Dipindahkan, Tarif Disesuaikan dan Bayar di Pintu Keluar

Mulai 23 Mei 2019, GT Cikarang Utama di KM 29 akan dipindahkan ke KM 70 dan KM 67.

JAKARTA (DP) – PT Jasa Marga (Persero) Tbk, telah memastikan per 23 Mei pukul 00.00 WIB tidak akan ada lagi transaksi di Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama, yang berada di KM 29 Tol Jakarta – Cikampek.

Sebagai gantinya, proses transaksi dilakukan di GT Cikampek Utama pada KM 70 untuk pengguna jalan dari/menuju timur (Tol Cikopo-Palimanan) dan GT Kalihurip Utama di KM 67 untuk pengguna jalan dari/menuju selatan (Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang dan Padalarang-Cileunyi).

Adanya pemindahan lokasi transaksi ini guna meminimalisir kepadatan kendaraan di Tol Jakarta-Cikampek, terlebih jelang musim mudik Lebaran. Namun dengan bergesernya titik transaksi maka Jasa marga juga melakukan penyesuaian tarif.

Kendaraan dari arah Jakarta menuju Cikampek akan melakukan transaksi di akses keluar (off ramp pay) dengan membayar tarif tol merata sesuai dengan wilayah pentarifannya.

Begitu juga sebaliknya dari arah Cikampek menuju Jakarta akan melakukan transaksi di akses masuk (on ramp pay) dengan membayar tarif tol merata sesuai dengan wilayah pentarifan.

Baca juga:  Catat! Ini 4 Jalur Tol Fungsional Perlancar Arus Mudik Lebaran

General Manager Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek, Raddy R. Lukman mengatakan perubahan sistem pentarifan pada jalan Tol Jakarta-Cikampek dibagi dalam empat wilayah pentarifan merata.

“Wilayah pentarifan menjadi sistem transaksi terbuka dengan pentarifan merata yang terdiri dari Jakarta IC – Ramp Pondok Gede Barat/Pondok Gede Timur, Jakarta IC – Cikarang Barat, Jakarta IC – Karawang Timur, dan Jakarta IC – Cikampek,” ucap Raddy dalam keterangan resminya.

Untuk wilayah 1 yakni Pondok Gede Barat/Timur sebesar Rp1.500, wilayah 2 dengan tarif Rp4.500 berlaku dari Jakarta sampai Cikarang Barat. Lalu wilayah 3 dari Jakarta-GT Karawang Timur sebesar Rp12.000, Dan wilayah 4 sebesar Rp15.000 dari Jakarta sampai GT Cikampek.

“Untuk akses gerbang tol di sebelah barat GT Cikarang Utama/sebelum GT Cikarang Utama, Kendaraan Golongan I tidak terdampak penyesuaian tarif tol akibat perubahan sistem transaksi,” tambah Raddy.

Penyesuaian tarif yang dilakukan tidak berdampak signifikan di Wilayah 2, bahkan diklaim terjadi penurunan signifikan untuk Angkutan Logistik mencapai Rp2.500 untuk kendaraan Golongan III, Rp2.000 untuk kendaraan Golongan IV, dan Rp4.000 untuk kendaraan Golongan V.

Baca juga:  Yuk 'Sowan' ke mobil88, Ada Weekend Surprise Loh!

Namun penyesuaian tersebut berdampak pada akses gerbang tol di Wilayah 3, yaitu wilayah Cikarang Barat hingga Karawang Timur yang setelah berganti menjadi sistem transaksi terbuka, berlaku tarif merata sebesar Rp12.000 untuk Golongan I.

Sementara itu, tarif yang berlaku di Wilayah 4 masih sama dengan tarif tol jarak terjauh, yakni Rp15.000 untuk Golongan I.

Direktur Operasi Jasa Marga, Subakti Syukur menjelaskan adanya perubahan sistem ini, pengguna jalan dengan jarak terjauh diuntungkan dengan hanya melakukan transaksi satu kali di pintu keluar, yang sebelumnya harus dua kali transaksi.

“Proporsi kendaraan setelah ruas Tol Jakarta-Cikampek mengalami perubahan sistem transaksi dan penyesuaian tarif, sebanyak 70% kendaraan tidak terdampak (tidak membayar lebih mahal) dan 30% yang terdampak membayar lebih mahal maupun lebih murah,” tutur Subakti. [dp/MTH]