Kesiapan Pertamina Penuhi Pasokan BBM di Jalur One Way

Diberlakukannya rekayasa one way jalur mudik Tol Trans Jawa membuat Pertamina mengantisipasi pasokan BBM agar tidak tersendat.

CIKAMPEK (DP) – Dengan pemberlakuan jalur satu arah selama arus mudik Lebaran 2019, mulai dari KM 70 sampai KM 263 Brebes, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) III telah mengantisipasi ketersediaan BBM, baik di sisi kiri maupun kanan jalan tol.

Selama masa Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini, Pertamina MOR III juga telah menambah pasokan gasoline guna memenuhinya.

Selain SPBU reguler yang sudah ada, sejumlah outlet BBM seperti Kios Kemasan (KiosK) Pertamina Siaga, SPBU Modular dan Mobile Storage telah berada di sejumlah titik jalur One Way.

KiosK Pertamina Siaga berada di 8 titik yakni di jalur kiri di Rest Area KM 86A, KM 102 A, KM 130A dan KM 207. Sementara di jalur kanan, yaitu Parking Bay KM 71 B, Rest Area KM 86 B, km 130B dan KM 208B.

Di Kios tersebut juga sudah disiagakan Motor Kemasan Pertamina Siaga. Untuk SPBU Modular, yakni SPBU Mini portabel disiagakan di jalur kiri di Rest Area KM 86A, KM 130A dan KM 207A. Sedangkan jalur kanan adalah Rest Area KM 86B, KM 130B.

Mobile Storage atau SPBU kantong, yaitu mobil tangki pengangkut BBM juga disiagakan di SPBU untuk mengantisipasi kemacetan. Untuk Tol Cipali akan ada disiagakan tujuh Mobile Storage di SPBU yang berada di jalur ini guna mengamankan suplai BBM.

Untuk mengantisipasi kelancaran pasokan BBM apabila terjadi kepadatan lalu lintas saat One Way diberlakukan, Pertamina berkoordinasi dengan aparat kepolisian setempat yang akan mengawal mobil tangki BBM masuk melalui pintu keluar, dan menggunakan jalur contraflow.

Konsumen makin minati BBM beroktan tinggi.

Unit Manager Communicatin & Relations MOR III Dewi Sri Utami mengimbau masyarakat untuk memenuhi tangki BBM (fulltank) kendaraannya sejak berangkat. Apabila menemukan SPBU, pemudik juga bisa memenuhi lagi tangki BBM-nya.

“Tidak perlu menunggu setengah kosong, jika ada SPBU kami berharap masyarakat langsung mengisi kembali tangki BBM-nya supaya pemudik aman dan nyaman dalam perjalanan,” tutup Dewi. [dp/MTH]