Kemenangan Perdana Danilo Petrucci di ‘Kandang’


MUGELLO (DP) – Pertarungan tersengit abad ini nampaknya tersaji pada MotoGP Italia. Danilo Petrucci mampu menggusur juara dunia bertahan Marc Marquez dengan rengkuhan waktu tipis 0,043 detik, Minggu (2/6).

Dengan pencapaian podium pertama ini, sekaligus menjadi debut kemenangannya di tanah kelahirannya di ajang jet darat roda dua tersebut.

Bahkan rekannya sendiri Andrea Dovizioso pun harus mengakui kegigihan Petrucci usai mengambil peluang di Tikungan pertama pada lap akhir.

Begitu pun dengan The Baby Alien yang begitu mendambakan podium utamanya kedua di ‘kandang’ Valentino Rossi ini, meski akhirnya The Doctor tergelincir di Tikungan 9 pada Lap 8 dan tidak bisa lagi melanjutkan balapan.

Menguasai pole yang ke 58 sepanjang karirnya di MotoGP, Marquez langsung memimpin selepas tikungan pertama, yang dibayang-bayangi oleh Dovizioso, Petrucci dan pebalap Pramac Racing, Jack Miller.

Persaingan panas pun tak terhindarkan. Marquez pun mendapat ‘pengawalan’ ketat dari skuat Borgo Panigale. Bahkan di pertengahan lap, Alex Rins yang mengisi start ke-13 mampu merangsek ke barisan terdepan.

Baca juga:  DAM Boyong New CBR250RR dan New CB150R Streetfire ke Tanah Pasundan
Foto: MotoGP

Sejalan dengan kondisi tersebut, rombongan mulai terbentuk, barisan depan diisi duo Ducati, Marquez dan Rins. Sayang, Miller yang sempat beradu kecepatan dengan keempat pebalap harus menyerah usai tergelincir.

Sementara di rombongan kedua diisi, Nakagami, Vinales, Crutchlow dan Pirro yang mampu mencetak rekor kecepatan tertinggi 347 km/jam.

Menyisakan 4-5 lap terakhir, saling berganti posisi terjadi di barisan terdepan, dan posisi Petrucci yang sempat memimpin sering diambil alih rekan setimnya, Marquez serta Rins yang terus membuntuti.

Memasuki empat lap terakhir, Dovizioso merebut posisi puncak dari Petrucci. Tetapi lalu dibalas satu lap berikutnya. Sementara Marquez terlihat bersiap-siap membuat serangan kepada duo Ducati.

Benar saja. Lap terakhir, Marquez menyerang Petrucci-Dovizioso di Tikungan 1. Posisi Dovi mendapat serangan kiri (Marquez) dan kanan (Petrux) yang mampu menyodok dari dalam.

Setelah itu praktis kunci serangan utama Marquez tertuju pada Petrucci meski hal ini tidak terjadi, yang membuatnya menggapai garis finish dengan keunggulan 0,043 detik.

Baca juga:  Loyalis Datsun GO+ Rayakan HUT ke-4 di Lautan Pasir Bromo

Dovizioso pun melengkapi podium utama, dengan Rins finis keempat. Takaaki Nakagami meraih hasil terbaik finis kelima, di depan Maverick Vinales. Wild card Michele Pirro mengisi posisi ketujuh.

Urutan kedelapan dihuni Cal Crutchlow, diikuti Pol Espargaro dan rookie Quartararo masuk 10 besar. Kemudian Jorge Lorenzo ditaklukkan Joan Mir yang merebut finis ke-12. [dp/MTH]