Daihatsu Terios Manual Laris Manis di Pontianak


PONTIANAK (DP) – Lini produk sport utility vehicle (SUV) Daihatsu Terios cukup positif diterima masyarakat Pontianak, Kalimantan Barat. Penjualannya tergolong masih lebih baik ketimbang low MPV ‘sejuta umat’ Xenia.

Branch Head Pontianak PT Astra International Tbk Daihatsu Sales Operation, Agus SM, menyebutkan konsumen lebih memilih Terios karena melihat karakter wilayah Pontianak yang masih banyak membutuhkan profil kendaraan seperti SUV tersebut.

“Memang penjualan Terios di Pontianak di bawah Gran Max pikap dan Sigra. Biasanya para penggunanya datang dari kalangan eksekutif di perkebunan, di mana karakter SUV dengan jarak pijak ke tanah yang tinggi menjadi pilihannya,” jelas Agus, di sela acara ‘Terios 7 Wonder – Exotic Borneo Life’, di Astra Daihatsu Pontianak, Jumat (21/6).

Lebih lanjut Agus mengatakan, konsumen juga lebih memilih Terios bertransmisi manual ketimbang otomatis. Lalu lintas yang terbilang lengang dibandingkan dengan wilayah lain pun menjadi pertimbangannya.

Baca juga:  All New Suzuki Ertiga Bakal Recoki Xpander dan Rush

“Di sini, lalu lintas bahkan di perkotaan masih cukup ‘ramah’ ketimbang di Pulau Jawa misalnya. Jadi, menggunakan transmisi manual tidak menyusahkan, bahkan membantu sekali, karena di sini (Pontianak) kontur jalannya beragam,” tambahnya.

Di sisi lain, konsumen lebih memilih transmisi manual dikarenakan performa akselerasinya sangat menjanjikan. Terlebih kala dipacu di area perkebunan. Sayangnya, Agus enggan untuk merinci sebesar besar komposisi penjualan antara Terios transmisi manual dan otomatis.

Di Kalimantan Barat, penjualan mobil hingga April lalu rata-rata mencapai 1.050 unit per bulan. Terjadi penurunan dibandingkan tahun lalu yang meraih rata-rata 1.250 unit per bulan.

Sedangkan khusus di Pontianak, rata-rata penjualan per bulan sekitar 600 unit, dan tahun ini kurang lebih di angka 450-an unit per bulan. [dp/MTH]