Horee…Toyota Gazoo Racing Bakal Jual GR Supra GT4 Untuk Umum


COLOGNE (DP) – Kabar gembira bagi Anda yang ingin meminang mobil balap berbasis Toyota Supra racikan Toyota Gazoo Racing. Divisi motorsport milik Toyota ini telah menginformasikan bahwa mereka akan segera meluncurkan GR Supra GT4, mobil balap yang dikhususkan bagi konsumen umum pada 2020 mendatang.

Menurut Toyota Gazoo Racing, langkah ini dilakukan karena banyaknya permintaan dari konsumen di seluruh dunia terhadap mobil sport anyar ini, terlebih setelah peluncuran versi konsepnya di Geneva Motor Show dan Nurburgring beberapa bulan lalu.

Dikutip dari laman resmi Toyota, akhir pekan lalu, Toyota Gazoo Racing menyatakan akan fokus pada pengembangan mobil balap yang dikhususkan bagi konsumen umum yang ingin berpartisipasi di berbagai ajang balap. Dari pengalaman itu diharapkan dapat memberikan masukan bagi Toyota untuk mengembangkan mobil yang lebih baik lagi.

Untuk diketahui, GR Supra GT4 berbasiskan pada pada GR Supra model global pertama racikan Toyota Gazoo Racing yang sudah dirilis pada awal tahun ini. Mobil sport tersebut dikembangkan dan diproduksi oleh Toyota Motorsport GmbH bersama dengan BMW.

GR Supra GT4 dinyatakan telah memenuhi syarat untuk ikut terjun dalam berbagai ajang balap di seantero jagat, termasuk di ajang Super Taikyu Series di Jepang, GT4 European Series, VLN Endurance Championship Nürburgring di Eropa, dan Michelin Pilot Challenge Series di AS.

Toyota Gazoo Racing menyebutkan GR Supra akan tampil dalam NASCAR Xfinity Series di Amerika Utara mulai 2020 dan akan bertarung di Kelas Super GT GT500 di Jepang. Kehadiran GR Supra GT4 diharapkan dapat memuaskan dahaga para penggila kecepatan.

Untuk mengembangkan GR Supra GT4, Toyota Gazoo Racing menggandeng dengan tiga mitra teknis, yakni Ravenol, Pirelli dan Akrapovič. Ravenol akan menyediakan pelumas, sementara Pirelli akan berkolaborasi dalam pengembangan ban dan Akrapovič akan bekerja sama dalam mengembangkan sistem knalpot khusus motorsport.

Sejauh ini, Toyota Gazoo Racing belum menguak detail mengenai spesifikasi GR Supra GT4, termasuk harga jual, area penjualan, dan tanggal rilisnya. Bagi Anda yang sudah tak sabar, harap menunggu pengumuman lebih lanjut yang akan dilakukan akhir tahun ini. [dp/TGH]