Mitsubishi Xpander Bakal Lakoni Ajang Reli Internasional


TANGERANG (DP) – Bila Anda berkunjung ke booth Mitsubishi di ajang GIIAS 2019, akan terlihat salah satu model Xpander yang telah diubah layaknya mobil reli. Yup, inilah Xpander AP4, yang bakal dipergunakan Rifat Sungkar dan M. Redwan di ajang AP4 baik tingkat nasional maupun internasional.

Nantinya, Rifat bersama Xpander Rally Team (XRT) bakal terjun diberbagai ajang balap reli. Paling dekat adalah Rally New Zealand, Selandia Baru, pertengahan Agustus nanti.

Rifat mengatakan ini merupakan suatu konsep kreatif dari kendaraan multifungsi yang diciptakan oleh Mitsubishi. Terkait bakal diterjunkannya di ajang reli, Rifat mengaku AP4 memiliki regulasi di mana pebalapnya menggunakan mobil dari pabrikan yang 80% bagiannya tetap dipertahankan.

“Saya punya pandangan berbeda karena melihat Xpander memiliki keseimbangan sasis yang sangat baik sehingga mobil ini memenuhi kriteria regulasi dan dapat dimaksimalkan untuk kebutuhan reli AP4,” jelas Rifat, Minggu (21/7) lalu.

Baca juga:  Dealer 3S Mitsubishi Motors Kini Ada di Jalur Pantura, Tuban Jawa Timur

Berangkat dari konsep tersebut, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dan Rifat berhasil mengembangkan Xpander menjadi sebuah mobil yang dapat bersaing dalam ajang balap reli AP4 dengan melihat potensi sekaligus menyesuaikan regulasi FIA terkait kelas AP4 tersebut.

Rifat melihat sasis yang digunakan Xpander mengadopsi konstruksi dari Lancer Evo X yang menjamin handling mobil ini akan sangat baik ketika digunakan. Handling yang baik ini bukan tanpa alasan, karena Xpander AP4 memiliki cross weight yang hampir setara di bagian depan dengan belakang.

“Cross weight yang hampir setara akan membuat titik berat Xpander menjadi sempurna. Ini adalah salah satu ramuan utama dari sebuah mobil kompetisi, khususnya reli,” tambah Rifat.

Rifat pun tidak menampik bahwa tren balap khususnya reli sudah bergeser dari yang sebelumnya menggunakan mobil keluaran pabrik 2000 cc turbo 4WD.

“Saat ini menjadi mesin baru 1600 cc dengan teknologi yang lebih canggih. Suspensi advance, travel suspensi yang 2 kali lipat lebih panjang, serta keuntungan teknologi aerodinamika yang diaplikasikan,” tambah Rifat.

Baca juga:  Mitsubishi Perkenalkan New Outlander PHEV dan Eclipse Cross

“Untuk mesin, sesuai regulasinya mobil ini harus menggunakan mesin sesuai dengan merek mobilnya yaitu Mitsubishi. Saya jeblosin mesin tipe 4B11 berkapasitas 1.600 cc,” kata Rifat.

Selain Rally New Zealand, XRT juga akan mengikuti serangkaian balap reli tingkat nasional yaitu Kejurnas Sprint Rally sebanyak lima seri, dan Serang, Banten, menjadi kota pembuka ajang tersebut pada 7-8 September mendatang.

Di sisi lain, Intan Vidiasari, Deputy General Manager of Coordination & Development Office PT MMKSI, menyebutkan selama dua tahun ini performa Xpander diklaim luar biasa, di mana populasinya hampir menyentuh 150 ribu unit.

Lebih jauh dia mengatakan pihaknya ingin mengeksplor kemampuan maksimal dari small MPV andalannya tersebut, selain sebagai kendaraan keluarga sehari-hari.

“Misalnya untuk reli seperti pada mobil ini. Hasil reli ini akan dijadikan laboratorium alam dan dilaporkan ke kantor agar dikembangkan lagi. Yang pasti sejak awal kami sudah mendukung,” pungkas Intan. [dp/MTH]