Toyota Raih 6.128 Lembar SPK di GIIAS 2019


JAKARTA (DP) – Toyota berhasil meraih hasil positif sepanjang 11 hari pameran GIIAS 2019. Total lembar pemesanan (SPK) yang digapainya mencapai 6.128 unit di periode 18 – 28 Juli lalu.

Jumlah tersebut mengalami peningkatan dibandingkan perhelatan serupa tahun sebelumnya, yaitu sebanyak 6.022 unit. Padahal, PT Toyota Astra Motor (TAM) mengaku di ajang ini tanpa melebeli target penjualan sepersen pun.

“Keikutsertaan Toyota pada GIIAS tahun ini lebih ditekankan untuk memberikan wawasan yang lebih luas kepada masyarakat mengenai kendaraan masa depan, sekaligus mendukung sosialisasi kebijakan pengembangan industri otomotif nasional berbasis elektrifikasi,” tegas Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto, dalam pesan elektroniknya, Senin (29/7).

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Soerjo ini mengakui bahwa pencapaian ini cukup positif, mengingat efek pilpres masih ada. Namun dia beranggapan dengan hasil itu gairah industri otomotif nampaknya mulai bangkit.

Baca juga:  Peduli Keselamatan, Toyota Pasang Cermin Cembung di Area Danau Toba

“Di semester kedua ini nampaknya semua pemegang merek mulai bangkit, hal itu terlihat dari lebih ramainya pengunjung pameran GIIAS dibandingkan tahun sebelumnya,” ujar Soerjo lebih lanjut.

Secara rinci, lima model peraih SPK terbesar selama GIIAS berlangsung dipuncaki oleh Avanza dengan perolehan 1.310 unit, disusul Innova 1.091 unit, Rush sebanyak 1.046 unit, Calya 1.022 unit dan Fortuner yang mampu mengumpulkan 618 lembar SPK.

Sebagai informasi, booth Toyota di GIIAS tahun ini mengusung nuansa youthful dengan menampilkan total 23 lineup produk dari semua segmen yang dimiliki oleh Toyota, baik passengers maupun commercials, dan juga special exhibit.

Special exhibit yang dihadirkan yaitu Toyota Fine Comfort Ride (F-CR) yang merupakan kendaraan konsep untuk solusi mobilitas masa depan berteknologi tertinggi, serta beberapa special exhibit lainnya yang merupakan teknologi ramah lingkungan yaitu TS050 Hybrid dan Prius PHEV GR.

Baca juga:  Sebanyak 200 Atlit Muda Berbakat Ikuti Workshop 'SATRIA'

Keseluruhan produk dibagi ke dalam enam zona, yaitu Everyday Life Zone yang diisi dengan Avanza, Veloz, Kijang Innova, HiAce, serta Calya.

Pada Fun factor zone diisi dengan Rush TRD Sportivo, Fortuner TRD Sportivo, Yaris TRD Sportivo. Ride With Pride Zone diisi dengan Alphard Hybrid, Camry Hybrid, Vellfire, dan Voxy. [dp/MTH]