Resmi Diluncurkan, Begini ‘Amunisi’ Terkini New Viar Q1


JAKARTA (DP) – PT Triangle Motorindo (Viar Motor Indonesia), produsen motor Viar di Indonesia, resmi memperkenalkan tampilan teranyar produk roda dua bermesin listrik Q1 di ajang GIIAS 2019, ICE BSD, Tangerang. Tampilan yang lebih modern dan sporti diusung skutik tersebut, guna menyasar konsumen generasi muda.

Marketing Director Kencana Laju Mandiri (KLM) Yucuanto Susetyo mengataka bahwa New Viar Q1 merupakan model lanjutan dari Viar Q1 pertama yang diluncurkan pada 2017.

Lebih lanjut dia menuturkan, pola rancang bangun kendaraan masa depan dengan target pasar kawula muda ini memadukan teknologi modern dengan cita rasa skuter retro, dikolaborasikan dengan beragam fitur multi fungsi guna menunjang mobilitas khas kaum milenial yang dinamis.

“Target pasar All New Q1 adalah konsumen umum berupa keluarga-keluarga dengan gaya hidup yang ditandai dengan mobilitas tinggi, terutama untuk perjalanan pendek dan sedang,” jelas Yucuanto, disela perkenalan di hadapan pengunjung GIIAS 2019.

Keunikan lain dari skutik listrik ini yaitu sejak model Q1 pertama dirilis, motor ini sudah dilengkapi kelayakan kendaraan bermotor pada umumnya yaitu surat kendaraan bermotor (STNK).

Dirakit secara lokal di pabrik Viar di Semarang, Jawa Tengah, sejumlah penyegaran pun dilakukan dibandingkan model terdahulu. Paling utama adalah dibekalinya dua buah Lithium Ion berkapasitas masing–masing sebesar 60V23Ah, yang didukung oleh teknologi Viar BMS (Battery Management System).

Adanya tambahan baterai tersebut membuat daya jelajahnya kian jauh yang diklaim dua kali lebih jauh dari model Viar Q1 sebelumnya, yakni 120 km dengan baterai dalam keadaan penuh.

Dukungan teknologi Viar BMS ini akan memantau tegangan, arus listrik dan suhu baterai secara bersamaan pada waktu yang sama, sehingga mampu memberikan tingkat perlindungan keamanan baterai tetap terjaga dengan baik.

Foto: Naikmotor.com

“Pengisian daya juga sekarang lebih cepat dari sebelumnya. Untuk mengisi daya dari nol hingga penuh hanya butuh waktu 4 hingga 5 jam,” sambung Yucuanto.

Untuk penggerak, Viar Q1 terbaru mengusung motor listrik tipe Brushless-Hub Motor lansiran BOSCH yang memiliki keluaran tenaga 800 watt. Untuk kecepatan puncak, skuter ini mampu menggapai 60 km/jam.

Dua pilihan mode berkendara tersedia sesuai kebutuhan pengendara yaitu Standar dan Sport. Fitur ini bisa diaktifkan saat kondisi berhenti maupun sedang berjalan, melalui switch yang terdapat di atas tuas throtle.

Fitur yang tak kalah penting adalah Emergency Thottle Posistion. Teknologi ini sangat berguna jika tuas throttle tidak bekerja. Caranya, cukup menekan tombol bertanda kunci pas secara terus menerus sebagai penggagti tuas thottle.

Sebagai pengaman, terdapat tombol P (parking). Inovasi dihadirkan oleh Viar untuk menjaga keselamatan para penggunanya, terutama pengendara yang baru mengenal sepeda motor listrik.

“Sebab, cara berkendara sepeda motor listrik seperti Q1 ini berbeda dengan cara mengendarakan sepeda motor konvensional yang memiliki suara,” jelas Yucuanto.

Fitur-fitur lain yang tersedia meliputi alarm, Smart Key On yang diaktifkan via remote control, soket USB untuk pengisian smartphone, panel layar full digital yang menginformasikan pengendara dalam berbagai kondisi. Desain baru lampu utama yang lebih sporti sudah menggunakan LED, termasuk lampu sein.

All New Viar Q1 hanya menawarkan satu pilihan warna saj, yakni Creamy White, dengan banderol Rp18.950.000 OTR Jakarta. Skutik ini dibekali garansi 12 bulan untuk semua komponen elektrik termasuk motor penggerak dan controller.

Sedangkan baterainya memiliki kekuatan siklus pengisian sebanyak 1.000 kali. Tertarik? [dp/MTH]