Malang Jadi Kota Perdana Blackauto Battle Warm Up 2019


DAPURPACU – Sempat vakum beberapa lama, akhirnya gelaran modifikasi mobil termegah di Indonesia, Blackauto Battle kembali dihelat di tahun ini. Sebagai ajang pemanasan, digagas BlackAuto Battle WARM UP, dan Malang, Jawa Timur, menjadi kota perdana perhelatan tersebut.

Sesuai dengan namanya, Warm Up dipilih lantaran fungsinya sebagai pengantar sebelum puncak dari gelaran itu, namun dengan nuansa yang lebih light tanpa menghilangkan keseruan dan ketajaman penjurian yang menjadi ciri khasnya.

Untuk Blackauto Battle Warm Up bakal dilaksanakan di dua kota lainnya selain Malang, yakni Manado dan Jakarta. Sebagai kota nomor dua terbesar sejawa timur ini, Malang dianggap mampu memberikan cita rasa berbeda dalam dunia car tuning untuk Jawa Timur dan sekitarnya.

Kota ini dianggap cukup memiliki kekuatan strategis untuk dunia modifikasi Indonesia, terutama untuk level Jawa Timur. Kota yang juga masuk dalam list destinasi wisata ini terbukti berpotensi sebagai trend setter dunia car tuning dan juga berperan sebagai lokomotif industri car tuning terutama untuk modifikasi dan car audio.

Sejumlah team dan komunitas mobil berskala nasional banyak terdapat di kota ini. Selain itu, Malang juga terbukti mampu menelurkan karya dan prestasi nasional yang mampu memberi cita rasa berbeda pada dunia car tuning Nasional.

Sebagai kota pertama, seri yang digelar di Taman Krida Malang ini menyuguhkan sebuah kompetisi light modifikasi, car audio, serta beberapa gimick yang berbeda dari kompetisi yang ada di Indonesia pada umumnya. Peserta yang berpartisipasi berjumlah 100 mobil.

Pengkategorian, sistem pertandingan, penjurian, metode penilaian, serta aturan lain sudah dirancang sedemikian rupa dengan mengedepankan aspek fairness dan terukur dengan baik.

Menggandeng asosiasi APACT (Asia Pacific Car Tuning) sebagai wadah penjurian, bertujuan agar teknis penjurian lebih matang dan terstandarisasi dengan baik.

Untuk Black Out Loud terbagi dua kelas yaitu SQL. SQL yang dipertandingkan yaitu twin boombox (2 subwoofer) dengan konsep penilaian penggabungan antara nilai SQ berupa total akurasi dan listening pleasure.

Selain itu juga diuji instalasi berupa kerapihan dalam proses install dan uji SPL yang diukur menggunakan perangkat yang juga digunakan hampir semua asosiasi car audio dunia, Term Lab Magnum.

Sedangkan juri SQL tahun ini adalah salah satu professional car audio yang juga seorang Engineer, designer sekaligus speaker builder, yakni Maslim Djanuanto. [dp/MTH]