Alasan Lingkungan, Wahana Manfaatkan Kembali Limbah Kardus


DAPURPACU – PT Wahana Makmur Sejati (WMS) terus berupaya menjalani seluruh proses bisnisnya lebih ‘hijau’. Hal itu didasari pada semangat ‘Be Dahsyat and Green Wahanian’ yang diusungnya pada tahun ini.

Untuk itulah, Wahana menerapkan sistem re-use pada kardus-kardus bekas Honda Genuine Part (HPG) dan Honda Genuine Accessories (HGA), agar tidak menjadi tumpukan sampah yang tidak berguna.

“Bayangkan, ribuan kardus kertas pengiriman pabrik spare part ke Wahana Spare Part Disribution Center yang berada di Cimanggis Depok, Jawa Barat, tanpa penanganan yang tepat,” ujar Group Head of Corcom Wahana, Evi Haryadi.

“Re use, cara kami mengolah ratusan bahkan ribuan kardus kertas bekas pengiriman pabrik kepada kami. Untuk itu Wahana mencoba mengakalinya dengan merubah bentuknya sehingga bisa digunakan kembali,” tambah Evi.

Beragam ukuran kardus bekas tersebut, lanjut Evi, akhirnya di modifikasi menjadi beberapa bagian sehingga dapat digunakan kembali untuk mengemas pengiriman barang kepada jaringan Wahana yang berada di seluruh Jakarta Tangerang.

“Setelah pengelolaan limbah aki, pengadaan taman hidroponik di beberapa lokasi cabang Wahana, dan pengolahan beragam limbah bengkel, penggunaan kembali kardus bekas ini jadi langkah lain menggunakan kembali barang bekas demi lingkungan,” tutup Evi.

Beragam limbah bengkel yang ada, Wahana mewajibkan seluruh jaringan Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) untuk menyerahkan kepada wadah resmi yang memiliki tanggung jawab mengambil dan mengelola limbah tersebut. [dp/MTH]