Prestige Motorcars Boyong Tesla Model 3, Harganya?


DAPURPACU – Prestige Motorcars resmi memboyong kendaraan listrik Tesla Model 3 ke Indonesia. Diluncurkannya sedan tersebut guna melengkapi varian model yang telah dibawa sebelumnya oleh Importir Umum (IU) ini, yakni Model S dan X. Seperti diketahui, Model X kini menjadi armada Blue Bird.

Rudy Salim, Presiden Direktur Prestige Motorcars, mengatakan bahwa Tesla Model 3 ini diklaim merupakan varian paling terjangkau di jajaran mobil yang diproduksi di Amerika Serikat tersebut.

Di sisi lain, lanjut Rudi dalam keterangan tertulisnya Minggu (1/9), kehadiran mobil ini untuk menyambut kebijakan sekaligus mendukung pemerintah terhadap kendaraan berbasis listrik dengan berbagai insentif yang ada.

“Harapannya agar hijrah ke kendaraan listrik dan tidak berkontribusi lagi dalam pencemaran kualitas udara,” kata Rudy, disela peluncuran di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Sabtu (31/8) lalu.

Tesla Model 3 menawarkan tiga varian yaitu Standard Range Plus, Long Range, dan Performance, yang masing-masing varian tersedia dalam lima pilihan warna yaitu Pearl White Multi Coat, Solid Black, Midnight Silver Metallic, Deep Blue Metallic, & Red Multi Coat. Ada pula jenis velg yang tersedia yaitu ring 18 inci Aero Wheels.

Baca juga:  Honda e Resmi Dijual Mulai Musim Panas 2020

Rudy menyebutkan fitur User Interface yang disematkan dalam mobil ini sangat futuristik dan segala hal dalam kendaraan dapat di atur pada instrumen ini.

Kamera mundur yang ada pada Model 3 diklaim sebagai kamera mundur paling detail karena, tidak hanya mampu menampilkan kejernihan visual yang mumpuni, tapi juga dapat menampilkan jarak antara kendaraan dengan objek dalam satuan ukuran sentimeter.

Untuk varian Standard Range Plus dengan penggerak roda belakang, mampu berakselerasi 0-100 km per jam dalam waktu 5,3 detik dengan kecepatan maksimum 225 km per jam.

Sedangkan tipe Long Range dengan penggerak semua roda (AWD), akselerasi dari diam ke 100 km/jam ditempuh dalam waktu 4,4 detik dengan kecepatan maksimum 233 km/jam dan Performance penggerak semua roda dengan akselerasi 0-100 km per jam dalam 3,2 detik dengan kecepatan maksimum 261 km per jam.

Selain itu, terkait jarak tempuh masing-masing varian juga berbeda. Standard Range Plus mampu mencapai jarak tempuh hingga 386 km, Long Range dan Performance hingga 499 km dalam satu kali pengisian daya.

Baca juga:  Mitsubishi Motors Tampilkan SUV Listrik di Tokyo Motor Show 2019

Terkait biaya pengisian daya baterai, Rudy menuturkan Tesla Model 3 ini mampu menekan biaya operasional secara signifikan untuk sekali pengisian. Untuk pengisian dari nol sampai penuh, biaya yang dikeluarkan sekitar Rp70.000.

“Waktu pengisian diperkirakan hanya empat jam. Biaya ini hanya seperlima dibandingkan biaya bahan bakar kendaraan konvensional yang menggunakan mekanisme combustion engine,” pungkasnya.

Terkait harga, Rudy masih enggan untuk menyebutkan banderol resmi dari sedan tersebut. Namun, dia hanya membisikkan bahwa unit ini dijual lebih dari Rp1 miliar.

Meski begitu pihaknya memberikan berbagai kenyamanan bagi konsumen saat memiliki Tesla Model 3, meliputi layanan 2 tahun garansi, jaminan suku cadang, service, dan jaminan baterai selama 8 tahun. [dp/MTH]