Mengenal Lebih Dekat All-new Toyota Corolla Altis


DAPURPACU – Tinggal dua hari lagi dari sekarang, Toyota Corolla generasi ke-12, akan diluncurkan Toyota Astra Motor (TAM) pada 12 September mendatang.  Sedan kompak andalan Toyota ini kini dibekali platform anyar TNGA, sehingga menjanjikan pengendalian dan pengemudian yang mantap.

Dilihat sekilas, All-new Corolla Altis model 2020 ini mirip dengan kakaknya, yakni Camry, dengan lampu pipih, gril tegas, bumper ekstra besar dengan air intake berkelir hitam serta bezel di sudut depan berbentuk huruf C.

Tak hanya bagian wajah yang diperbarui, sisi buritan juga tak luput dari sentuhan anyar, terutama lampu belakang yang berdesain baru, dipadukan dengan pintu bagasi yang juga tampak lebih gagah dan sporty.

Tongkrongan Corolla Altis 2020 ini juga kian gagah berkat penggunaan velg dengan pilihan ukuran 17 inci atau 16 inci, tergantung varian modelnya.

Beranjak ke kabinnya, kita akan disuguhi dashboard dan konsol tengah dengan desain dan material lebih berkelas. Layar sentuh yang terkesan melayang menambah tampilan kabin sedan ini makin keren, apalagi sudah dilengkapi dengan automatic climate control system baru.

Baca juga:  Siap Sambut Toyota Yaris Versi Sangar Bermesin Turbo

Untuk desain lingkar kemudi palang tiga juga memiliki desain baru, yang dilengkapi tombol untuk multimedia/cruise control.

Asyiknya, seluruh model Corolla Altis kini dibekali layar infotainment sentuh sebagai perlengkapan standar, yang sudah support radio AM/FM, Aux, USB, Bluetooth, CD/DVD, dan juga T-Link untuk dihubungkan dengan perangkat Android atau iOS.

Sebagai pemanja telinga, Corolla Altis anyar dibenamkan sound system dengan 6 speaker, power socket 12V, sedangkan untuk menaik-turunkan jendela, cukup dengan sekali sentuhan.

All-new Corolla Altis versi teratas bahkan sudah dilengkapi pengaturan kursi pengemudi dengan 8 setelan, kemudian juga ada electronic parking brake, auto-dimming rearview mirror, tempat duduk berlapis kulit dan rear sunshade untuk meredam sinar matahari pada kaca belakang.

Di bawah kap mesin Corolla Altis ini terdapat dua pilihan dapur pacu, yakni non-hybrid 1.6-liter 1ZR-FE 4 silinder Dual VVT-i yang menghasilkan tenaga 121 PS pada 6000 rpm dan torsi 153 Nm pada 5200 rpm. Mesin ini dikawinkan dengan transmisi CVT atau manual 6 percepatan.

Baca juga:  Toyota-BYD Makin Akrab Bikin Mobil Listrik

Sedangkan untuk varian hybrid mengusung mesin 1.8-liter berkode 2ZR-FXE. Mesin ini cuma bertenaga 97 PS pada 5200 rpm dan torsi 142 Nm pada 3600 rpm. Tapi berkat dukungan motor listrik, mesin hybrid ini menghasilkan tenaga gabungan sebesar 121 PS, yang disalurkan melalui CVT ke roda depan.

Sama seperti Prius, Corolla Altis Hybrid memiliki tiga mode pengemudian: Eco, Normal dan Sport. Bahkan model ini juga dibekali mode EV (electric vehicle) yang memungkinkan kendaraan dioperasikan dengan tenaga listrik murni.

Untuk fitur keselamatan, Corolla Altis 2020 patut diacungi dua jempol, karena mulai dari versi terendah hingga hybrid sudah disematkan beragam teknologi canggih, seperti tujuh unit airbag, anti-lock brakes with electronic brakeforce distribution dan brake assist, vehicle stability control, hill-start assist, dan alarm untuk keamanan. Untuk varian tertinggi non-hybrid juga dilengkapi kamera mundur dan sensor parkir.

Baca juga:  Toyota 5 Continents Drive Singgah di Indonesia, Tes Jalur Jakarta Hingga Jawa timur

Adapun khusus untuk model 1.8 V Hybrid, sudah mengadopsi teknologi pemanja pengemudi, yakni pre-collision system, automatic high beam, lane tracing assist, lane departure alert, dan dynamic radar cruise control. [dp/TGH]