The 6th Indonesia Diecast Expo (IDE) 2019 semakin 'Luar Biasa' | dapurpacu.id

The 6th Indonesia Diecast Expo (IDE) 2019 semakin ‘Luar Biasa’


DAPURPACU – Gelaran The 6th Indonesia Diecast Expo (IDE) yang telah berlangsung di ICE BSD dari tanggal 26 – 27 Oktober 2019 Kembali Cetak Rekor “Amazing”, hal ini tampak dari antusiasnya para pengunjung dari hari ke hari, dan di hari terakhir (27/10) saat acara lelang, lelang diecast berhasil memecahkan rekor lelang tertinggi sepanjang pelaksanaan IDE. Dalam kesempatan lelang amal spesial tersebut, ‘55 Chevy Bel Air Gasser 3D Printed hasil karya Senior Designer Hot Wheels Brendon Vetuskey laku terjual sebesar Rp 56 juta.

“Ini adalah hasil yang luar biasa. Hasil lelang yang terjadi di ajang IDE 2019 kali ini sebesar Rp 56 juta merupakan yang terbesar sepanjang enam tahun penyelenggaraan Indonesia Diecast Expo. Prototipe diecast ‘55 Chevy Bel Air Gasser berwarna kuning yang merupakan hasil 3D print merupakan item yang sangat langka. Mobil ini didesain oleh Brendon Vetuskey, menjadi salah satu yang dibawa ke Indonesia, dibubuhi tanda tangan Brendon di mobilnya dan dilengkapi sertifikat yang ditandatangani oleh Ted Wu selaku Vice President Design dari Mattel Inc.,” papar Feldani Effendy, Public Relations The 6th IDE 2019,  Dan Seluruh hasil lelang yang didapat ini akan disumbangkan seluruhnya untuk masa depan anak-anak Indonesia.

Brendon Vetuskey lagi-lagi memberi kejutan dengan kembali mengeluarkan sebuah prototipe diecast ‘55 Chevy Bel Air Gasser berwarna abu-abu yang merupakan cikal bakal kehadiran diecast khas Hot Rod asal Amerika Serikat tersebut. Pada lelang kedua ini, antusiasme pengunjung tak juga menurun dan terus memberikan penawaran, hingga tercapai tawaran tertinggi sebesar Rp 48 juta.

1955 Chevy Bel Air abu-abu seharga Rp48 juta (kiri) dan 1955 Chevy Bel Air kuning seharga Rp56 juta (kanan)

“Lelang prototipe kedua ini benar-benar kejutan dari Brendon,” ujar Feldani. “Sebuah barang yang tak ternilai harganya, karena merupakan produk yang dibuat sebelum diecast ‘55 Chevy Bel Air Gasser sebenarnya diproduksi. Hasil lelang dari kedua barang ‘Amazing’ tersebut akan sepenuhnya kami sumbangkan untuk masa depan anak-anak Indonesia yang lebih baik,” tukasnya.

Sehari sebelumnya, sabtu malam  (26/10) juga telah berlangsung acara eksklusif “Dinner with Brendon Vetuskey” yang diikuti oleh 100 orang diecaster yang sudah terdaftar.  Tidak hanya makan malam, para diecaster juga mendapatakan tanda tangan eksklusif dari Brendon Vetuskey (Desainer Senior Hot Wheels). Pada kesempatan ini, juga dilelang Hot Wheels Custom Chevy Gasser yang didesain oleh Brendon secara eksklusif untuk acara ini dan berhasil terjual hingga Rp 41 Juta. “Hasil lelang ini juga akan sepenuhnya kami donasikan kepada yayasan yang berfokus pada kegiatan pada anak-anak kurang beruntung di Indonesia,” ujar Feldani.

Tak hanya diecast hasil karya Brendon Vetuskey, pada hari kedua IDE ini juga terdapat penjualan dan lelang Event Car IDE 2019 yaitu Volkswagen Dragbus dan Morris Mini. Selain itu juga berlangsung berbagai acara menarik lainnya seperti balap diecast Hot Wheels Kid’s Race dan Tomica Mini Derby, Diecastindo Jada Assembly & Decal Competition, Lego Building Competition, Majorette Custom Competition serta Hot Wheels Challenge.

Pemenang Lelang 1955 Chevy Bel Air Gasser berwarna kuning senilai Rp56 juta

Tahun ini, gelaran keenam IDE didukung sepenuhnya oleh PT Bank Central Asia Tbk (BCA) sebagai sponsor utama. Dukungan penuh BCA pada gelaran ini diharapkan dapat menjadikan The 6th IDE 2019 sebagai gelaran diecast terlengkap di Tanah Air dengan berbagai kegiatan yang menonjolkan aspek kreativitas khas komunitas, tanpa meninggalkan esensi utamanya yakni hiburan, pendidikan, dan kepedulian sosial.

Menjelang penutupan, diumumkan pula para pemenang lomba yang diadakan di The 6th IDE 2019 serta para peserta komunitas dan kolektor dengan booth terbaik. Dengan sederet nilai positif yang dimilikinya, rasanya tidak berlebihan bila The 6th IDE 2019 menjadi gelaran yang wajib dikunjungi oleh para diecaster dan penggila miniatur mainan lainnya. Sampai jumpa tahun depan di Indonesia Diecast Expo 2020. [dp/BGS]