Asuransi Astra Dinobatkan Menjadi Insurance Market Leader 2019 | dapurpacu.id

Asuransi Astra Dinobatkan Menjadi Insurance Market Leader 2019

SVP Accounting Finance Asuransi Astra Lia Singgih (kanan) saat menerima penghargaan Insurance Market Leader 2019

DAPURPACU – Majalah Media Asuransi menobatkan Asuransi Astra sebagai Insurance Market Leader 2019. Hasil ini di ambil berdasarkan premi bruto yang dicapai dalam laporan keuangan publikasi per Desember 2018. Penghargaan ini diterima oleh Lia Singgih, selaku SVP Accounting & Finance Asuransi Astra di Ballroom Hotel Le-Meridien, Jakarta, Kamis (21/11).

Insurance Market Leader adalah penghargaan yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan asuransi jiwa dan asuransi umum yang telah berhasil mencatatkan kinerja keuangan yang lebih besar dan dominan selama tahun setahun (periode : 2017-2018) dibandingkan para pesaingnya. Penilaian didasarkan pada kajian yang dilakukan oleh Lembaga Riset Media Asuransi (LRMA) kepada 73 perusahaan asuransi umum berdasarkan pada premi langsung yang ditampilkan pada neraca publikasi tahun 2017-2018, dan sebagai hasilnya terdapat 15 perusahaan asuransi umum yang berhasil menempati posisi teratas pada riset ini dan dinobatkan menjadi market leaders.

Secara keseluruhan, perolehan premi langsung secara total dari 73 perusahaan asuransi umum tumbuh cukup memuaskan di mana pada tahun 2017 tercatat perolehan premi langsung industri asuransi umum sebesar Rp60,23 triliun dan mengalami peningkatan menjadi Rp66,45 triliun di tahun 2018.

Baca juga:  Tips Menuju New Normal Ala Adira Finance

Kemudian menurut hasil kajian yang dilakukan oleh LRMA, terdapat 15 perusahaan market leaders industri asuransi umum yang berhasil mendominasi penguasaan pasar asuransi umum tahun 2018 yaitu sebesar 63,73 % dengan mencatatkan pendapatan premi langsung sebesar Rp42,34 triliun dari total Rp66,45 triliun yang diperoleh 73 perusahaan asuransi umum. Asuransi Astra sebagai salah satu dari 15 perusahaan market leaders menurut LRMA, berhasil mencatatkan penguasaan pasar sebesar 6,67 % dari total pengumpulan premi langsung. Angka ini merupakan implementasi dari capaian premi langsung perusahaan pada tahun 2018 yang secara nominal tercatat sebesar Rp4,43 triliun.

“Kinerja bagus yang dicapai Asuransi Astra sepanjang tahun 2018 sehingga dapat menghasilkan premi bruto sebesar Rp 4,5 triliun bisa terjadi karena diversifikasi yang kami lakukan terhadap bisnis yang kami jalankan. Untuk tahun selanjutnya Asuransi Astra dapat menjaga konsistensi dalam penerapan strategi 3P Roadmap (Portfolio, People, dan Public Contribution) dan alokasi investasi kepada target yang tepat agar kami dapat menangkap peluang terhadap kondisi market yang ada”, jelas Lia Singgih, selaku SVP Accounting & Finance Asuransi Astra. [dp/BGS]