mToyota, Cara Toyota Tingkatkan Layanan Pada Konsumen | dapurpacu.id

mToyota, Cara Toyota Tingkatkan Layanan Pada Konsumen


DAPURPACU – PT Toyota Astra Motor (TAM) terus memberikan kemudahan layanan kepada konsumen, baik secara offline melalui dealer resminya di seluruh Indonesia, maupun melalui media digital yang telah diperkenalkan sebelumnya.

Keragaman fasilitas layanan melalui sarana tersebut ternyata cukup ‘mujarab’ merangkul konsumennya di Tanah Air. Dan tak bisa dipungkiri, lewat media sosial inilah, TAM mampu menjangkau serta bisa mendengarkan keluh kesah mereka.

Melihat tren yang sepertinya makin digandrungi di era digital ini, TAM melakukan penyegaran dari mobile apps-nya yang dinamakan mToyota. Pembaruan ini diklaim untuk meningkatkan kapabilitas digitalisasi demi kemudahan akses bagi pelanggan.

“Dalam 10-15 tahun terakhir, telah terjadi pertumbuhan tren penggunaan internet yang didorong oleh perkembangan teknologi digital,” kata Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy, disela peluncuran mToyota di kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (5/12).

Atas dasar kondisi ini, lanjut Anton, berdampak pada perubahaan karakter konsumen dalam mendapatkan informasi tentang produk yang akan dibeli, maupun layanan yang dibutuhkannya.

Baca juga:  Program CSR Toyota Raih Penghargaan di Bidang Lingkungan

“Ini jadi dasar kami mengenalkan berbagai aplikasi buat konsumen untuk mencari informasi Toyota melalui media digital,” imbuh Anton.

Sebagai informasi, mTOYOTA hadir untuk melengkapi platform digital Toyota yang sudah ada sebelumnya seperti official website, berbagai akun social media, digital press room, hingga chatbot virtual assistant TARRA.

Sebelumnya, konsumen cenderung mencari informasi secara offline. Namun, kini dengan tingginya penetrasi internet, tren teknologi pun bergeser pada Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT), dan e-commerce yang membutuhkan personalisasi lebih dan one stop digital experience yang menciptakan interkonektivitas.

Toyota pun menyadari perkembangan tren tersebut dengan menghadirkan berbagai layanan komunikasi digital, sehingga dapat memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam mengakses berbagai hal tentang Toyota.

Digital approach pertama kali dilakukan melalui situs resmi Toyota Indonesia (www.toyota.astra.co.id). Toyota Indonesia juga hadir melalui berbagai platform seperti Youtube ToyotaIndonesia, Facebook ToyotaID, Twitter account @ToyotaID, serta Instagram @toyotaID, dan Digital Pressroom khusus untuk memenuhi kebutuhan rekanrekan media akan informasi tentang Toyota.

Baca juga:  Program CSR Toyota Raih Penghargaan di Bidang Lingkungan

Dijelaskan Yoshihiro Nakata, President Director TAM, untuk dapat mengikuti perkembangan dunia digital, dan di tengah kompetisi yang semakin ketat, maka perlu adanya hal baru yang dikembangkan, terutama untuk konsumen.

“Maka perlu adanya digital approach baru untuk meningkatka engagement, dan memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan melalui kemudah akses,” jelas Nakata.

mTOYOTA dikembangkan sebagai mobile apps yang mengintegrasikan telematics, chatbot, loyalty, online marketplace, value chain, dll. ke dalam satu aplikasi digital. [dp/MTH]