Rest Area 'Termegah' Pendopo 456 Ditanami Ratusan Buah Langka | dapurpacu.id

Rest Area ‘Termegah’ Pendopo 456 Ditanami Ratusan Buah Langka

Foto : Djap Tet Fa, Nilawati Irjani, perwakilan tenant

DAPURPACU – RESTA Pendopo 456, tempat istirahat dan pelayanan (TIP) yang dibangun dan dikelola oleh PT Astari Marga Sarana, adalah Rest Area termegah di ruas tol Semarang-Solo KM 456.

Tempat istirahat dan pelayanan (TIP) atau rest area tipe A ini dirancang dengan konsep berbeda, RESTA Pendopo 456 ini nantinya akan dilengkapi obyek wisata, ruang kuliner, ruang ritel, ruang atraksi budaya, area terbuka hijau, area bermain dan edukasi. Selain itu, terdapat pula fasilitas rumah ibadah berupa masjid, toilet, tempat parkir, SPBU yang beroperasi 24 jam, galeri seni, dan lain-lain.

Desain arsitektur bangunannya dibuat ikonik yang terdiri dari lima bangunan utama dengan model rumah Joglo yang terinspirasi oleh lima gunung yakni Merapi, Merbabu, Sumbing, Sindoro, dan Ungaran.

PT Astari Marga Sarana merupakan perusahaan gabungan antara Astra Property yang bersinergi bisnis dengan Astra Infra dan SPJT untuk membangun rest area di ruas tol yang berkonsep transit destination. Sebagai bagian dari Grup Astra dan sebagai bentuk komitmen terhadap konservasi tanaman buah langka, Astra Property & Astra Infra melalui Program Konservasi Keanekaragaman Buah Langka Nusantara (Pranaraksa) melakukan acara Kick-off Pranaraksa Center dengan menanam 200 bibit tanaman buah langka.

Foto : Panji Nurfirman, Frans Surjadi, Wibowo Muljono, Wiwiek Santoso, tenant, Djap Tet Fa, Nilawati Irjani, Achmad Urfian, Deasy Setiawan, TMJ, SPJT

Kegiatan Pranaraksa ini juga merupakan salah satu bagian dari perayaan Anniversary ke-3 Astra Property yang baru saja ditandai dengan acara Living First di tanggal 1 – 3 November 2019 lalu.

Terdapat 6 jenis bibit tanaman buah langka yang ditanam di area seluas 712,5 m2 yaitu Pouteria Campechiana (alkesa), Diospyros Blancoi (bisbul), Bouea Macrophylla (gandaria), Syzygium Polycephalum (gowok), Guttiferae (mundu) dan A. Muricata (sirsak rowo). Dari enam jenis bibit tersebut tiga diantaranya merupakan jenis tanaman asli Jawa Tengah yaitu gowok, gandaria dan mundu.

“Dengan adanya penanaman Pranaraksa di RESTA Pendopo 456 ini, diharapkan agar masyarakat lebih dapat merasakan nuansa ‘Blend with nature’ yang belum pernah ditemukan di tempat istirahat lainnya di jalan tol dengan pemandangan alam yang indah dan juga dikelilingi lima gunung disekitaran Jawa Tengah ini,” ujar Djap Tet Fa, Presiden Direktur Astra Property dan Astra Infra.

Resta Pendopo 456 dijadwalkan beroperasi penuh pada momen mudik Natal 2019 dan Tahun baru 2020. Jadi silahkan mampir saat anda melintas tol Semarang-Solo KM 456. [dp/BGS]