Adira Insurance Terus Dukung Sistem Tata Kelola Keselamatan di Jalan | dapurpacu.id

Adira Insurance Terus Dukung Sistem Tata Kelola Keselamatan di Jalan


DAPURPACU – Adira Insurance secara konsisten terus mengajak masyarakat dari berbagai lapisan untuk meningkatkan kepedulian akan keselamatan di jalan raya. Tingginya angka kecelakaan lalu lintas disinyalir memicu langkah tersebut.

Ajakan tersebut pun terus digulirkan ke segala penjuru Tanah Air, dan melalui program Indonesia Road Safety Award (IRSA) langkah ini seperti ‘diamini’ oleh berbagai pihak, baik pemerintahan, lembaga swadaya masyarakat, swasta, dan berbagai elemen lainnya.

Pada IRSA yang tahun ini menginjak kali ketujuh, sejumlah kota dan kabupaten didapuk sebagai wilayah dengan kualitas penerapan tata kota keselamatan jalan terbaik di Indonesia.

CEO Adira Insurance, Julian Noor menegaskan Adira Insurance fokus keselamatan di jalan dan terus dilakukan secara konsisten. Dengan tema ‘Road Safety Through Smart Mobilty’, sistem tata kelola keselamatan jalan harus serba cepat.

“Sistem ini harus mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui perpindahan penduduk yang efektif, efisien, dan terintegrasi dengan penggunaan teknologi yang terbarukan untuk mewujudkan zero accident di Indonesia,” kata Julian di Jakarta, Selasa (17/12).

Tahun ini, gelaran IRSA mencatat sebanyak 180 kota dan kabupaten yang ikut serta dan kemudian terpilih sebanyak 23 kota dan kabupaten yang menjadi finalis IRSA 2019.

Para finalis terpilih berdasarkan data-data keselamatan jalan seperti jumlah penduduk, luas wilayah, jumlah kecelakaan, jumlah fatalitas kecelakaan, dan data pendukung lainnya.

Tahap berikutnya adalah observasi lapangan dan survei kepuasan pengguna jalan terhadap 23 finalis IRSA 2019, yang bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengukur kualitas penerapan tata kelola keselamatan jalan di 23 kota dan kabupaten tersebut.

“Yang membedakan dengan tahun-tahun sebelumnya adalah penambahan kategori finalis pada IRSA, salah satunya kategori Ibukota Provinsi. Hal ini bertujuan untuk semakin meningkatkan kualitas riset agar semakin seimbang antar finalis,” tambah Julian.

Melalui IRSA, lahir program-program inovatif baru yang secara serius diterapkan oleh Pemerintah kota dan Kabupaten untuk diterapkan dalam tata kelola keselamatan jalan.

Lewat IRSA, Julian mengajak seluruh lapisan masyarakat melalui pemerintah kota dan kabupaten untuk terus menularkan virus road safety. Diharapkan pesan dan semangat IRSA terus menular hingga seluruh wilayah di Indonesia.

“Pemenang IRSA dapat menjadi inspirasi dan role model bagi pemerintah kota dan kabupaten di seluruh Indonesia untuk dapat mengembangkan program-program dan tata kelola keselamatan jalan dengan lebih baik lagi,” pungkas Julian. [dp/MTH]