Punya Toyota New Yaris, tak Perlu Lagi Bingung Saat Listrik Padam | dapurpacu.id

Punya Toyota New Yaris, tak Perlu Lagi Bingung Saat Listrik Padam


DAPURPACU – Kehadiran All-new Toyota Yaris pantas untuk dinantikan banyak orang. Tak cuma modelnya yang imut, seabrek teknologi terkini yang dimilikinya juga layak mendapatkan acungan dua jempol.

Di Jepang sendiri, Toyota Motor Corporation baru akan meluncurkan Yaris terbaru ini pada 10 Februari 2020. Setelah itu diyakini hatchback ini bakal meluncur di sejumlah negara lain.

Berbekal platform baru TNGA, new Yaris diklaim memiliki karakteristik pengendalian yang mantap layaknya mobil kompak, namun juga sangat nyaman dikendarai bagaikan mobil kelas atas. New Yaris adalah model pertama yang mengadopsi platform TNGA khusus untuk mobil kompak (GA-B).

Platform ini diklaim ringan namun kokoh, dengan titik gravitasi yang rendah, sehingga mantap dalam pengendalian. Dan ekspektasi tinggi dari para konsumennya tentu adalah teknologi keselamatan dan keamanan terkini yang diusungnya.

New Yaris juga sudah mengadopsi sistem hybrid generasi baru, yang berbasiskan pada mesin 1.5-liter tiga silinder segaris Dynamic Force Engine. Kombinasi ini menawarkan performa ciamik dan efisiensi bahan bakar.

Baca juga:  208 Perpanjang Gelar Mobil Terbaik Peugeot di Dunia

Tak hanya itu, New Yaris juga sebagai mobil kompak Toyota pertama yang dibekali E-Four electric four-wheel-drive system, yaitu sistem gerak empat roda yang dikendalikan secara elektrik.

Toyota menawarkan dua opsi untuk sistem pemindah daya, yakni transmisi manual 6 percepatan atau Direct Shift-CVT dengan setelan 2WD atau 4WD.

Yaris model 2020 ini diyakini bakal menjadi mobil kompak populer berkat sejumlah fitur pintar yang tak dimiliki model lain di kelasnya atau bahkan di jajaran model lain Toyota.

Pabrikan mobil terbesar Jepang ini dalam lamannya menyebutkan bahwa New Yaris dilengkapi dengan Toyota Teammate Advanced Park, termasuk fungsi Panoramic View Monitor.

Fitur parkir pintar ini termasuk dalam paket Toyota Safety Sense generasi terbaru, yang bisa mendeteksi mobil lain yang datang ketika berbelok di persimpangan.

Selain itu, fitur parkir pintar ini juga dapat mendeteksi pejalan kaki yang menyeberang jalan saat berbelok ke kanan atau ke kiri di persimpangan jalan.

Baca juga:  208 Perpanjang Gelar Mobil Terbaik Peugeot di Dunia

Juga ada fitur unik bernama Turn Tilt Seats, yang memudahkan pengemudi untuk masuk atau keluar dari kendaraan. Dari sisi hiburan juga tak kalah seru karena ada fitur Display Audio, yang dapat disambungkan ke smartphone.

Satu lagi fitur yang sangat unik dan sangat bermanfaat, khususnya di negara-negara yang pasokan daya listriknya tak stabil seperti di Indonesia. Fitur apa itu?

Yah, New Yaris memiliki power outlet berkapasitas 1.500-watt layaknya colokan listrik di rumah. Selain bisa dipakai untuk memberikan daya pada sejumlah peralatan listrik, fitur ini juga dapat berfungsi sebagai genset untuk memberikan daya listrik ke rumah saat listrik padam atau pada saat keadaan darurat. Asyik bukan?

Kita berharap Toyota Astra Motor segera memboyong New Yaris ke Tanah Air tanpa harus menyunat fitur-fitur canggihnya. [dp/TGH]