Menguak Rahasia Keganasan Toyota GR Yaris | dapurpacu.id

Menguak Rahasia Keganasan Toyota GR Yaris


DAPURPACU – Di ajang Tokyo Auto Salon 2019 lalu, Toyota mempertontonkan karya fenomenal baru mereka berupa hatchback berperforma tinggi bernama GR Yaris. Apa yang membuat hot hatch subkompak ini fenomenal?

Ya, selain merupakan hasil rekayasa pintar yang dilakukan para insinyur Toyota yang berhasil memindahkan DNA reli pada mobil versi jalan raya ini, tenaga besar yang dimiliki GR Yaris juga di atas rata-rata para rivalnya. Aspek ini yang membuat GR Yaris patut diperhitungkan.

Diposisikan untuk melawan Ford Fiesta ST, Renault Clio RS dan Volkswagen Polo GTI dari sisi dimensi, supermini racikan Toyota Gazoo Racing ini selain lebih bertenaga juga memiliki keunggulan yang tak dipunyai para pesaingnya, yaitu all-wheel drive system alias fitur penggerak empat roda.

Bagaimana Toyota bisa menambahkan teknologi yang biasa digunakan di mobil reli itu pada hatchback versi jalan raya?

Rahasianya ada di arsitektur atau platform baru yang dipakai GR Yaris. Toyota menggabungkan front end dari platform GA-B yang dipakai oleh Yaris generasi baru dengan rear end dari arsitektur GA-C. Kombinasi ini memungkinkan disematkannya sistem penggerak semua roda (all-wheel drive system), selain juga desain suspensi anyar, yang dibekali double wishbone, front strut system dan rear torsion beam.

Untuk sistem pengereman menggunakan cakram berventilasi berukuran 356 mm (14 inci) dengan kaliper empat piston pada roda depan dan rem cakram berventilasi ukuran 297 mm (11,7 inci) dengan kaliper dua piston.

Nah, untuk tenaga GR Yaris yang berlimpah, rahasianya berada di mesin tiga silinder 1.6-liter turbocharged, yang sanggup memuntahkan tenaga hingga 261 PS (257 hp/192 kW) dan torsi 360 Nm (266 lb-ft). Sedangkan GR Yaris untuk pasar Jepang memiliki performa lebih galak lagi, yaitu 272 PS (268 hp/200 kW) dan torsi 370 Nm (273 lb-ft).

Mesin sangar tersebut dikawinkan dengan transmisi manual 6 percepatan dan sistem penggerak empat roda, dan dapat ditingkatkan lagi dengan dua Torsen limited-slip differential. Setelan ini bisa mendongkrak performa suspensi dan bisa memuat roda ukuran 18 inci, dengan balutan ban Michelin Pilot Sport 4s ukuran 225/40.

Toyota GR Yaris memiliki tiga mode pengemudian: Normal, Sport dan Track, yang membagi torsi antara roda depan dan belakang dengan porsi masing-masing mode sebesar 60:40, 30:70 dan 50:50. Pada setiap mode pengemudian, keseimbangan akan otomatis menyesuaikan dengan kondisi permukaan jalan, kebiasaan kendaraan dan input dari pengemudi. Dengan begitu, pada saat tertentu, torsi bisa dipindahkan hingga 100 persen ke roda depan atau belakang, sehingga memberikan daya cengkeram yang lebih dan memudahkan berbelok dalam kecepatan tinggi.

Dengan bobot 1.280 kg dan rasio tenaga terhadap bobot sebesar 4,9 kg per 1 PS, GR Yaris mampu melakukan akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu kurang dari 5,5 detik dan kecepatan puncak yang diatur secara elektronik dapat menembus angka 230 km/jam.

Supermini Toyota ini mengadopsi gaya desain bodi tiga pintu dengan garis atap melandai dan pintu tanpa kerangka untuk membingkai kaca jendela alias frameless. Tampilan depan cukup gahar dengan keberadaan air intake ekstra lebar, ditambah fender besar untuk mengakomodasi velg ukuran 18 inci. Tampilan makin keren dan sporty dengan adanya sayap di atap belakang dan diffuser yang diapit dua moncong knalpot di kanan dan kiri.

Interior GR Yaris yang sporty didominasi dengan balutan kulit berwarna hitam dan Alcantara, dipermanis dengan jahitan warna merah. Tempat duduk depan model bucket dengan tulisan GR pada bagian headrest. Tulisan GR juga ditemukan di lingkar kemudi dan grafis GR terpampang di instrument cluster.

GR Yaris merupakan model kedua Toyota yang diracik oleh Gazoo Racing setelah Supra. Yaris versi sangar ini adalah model homologasi pertama untuk berlaga di ajang reli dunia (WRC) sejak produksi Celica GT-Four dihentikan pada 1999. GR Yaris akan diproduksi di pabrik Motomachi, yang merupakan fasilitas perakitan Toyota untuk model-model sport GR. [dp/TGH]