Bosch Ciptakan Virtual Visor Pertama di Dunia | dapurpacu.id

Bosch Ciptakan Virtual Visor Pertama di Dunia

Pertama di dunia: pelindung silau matahari (visor) digital menggunakan AI untuk melindungi penglihatan pengemudi

DAPURPACU – Bosch yang merupakan salah satu anggota pendiri Cyber Valley yang didirikan pada 2016, memamerkan pelindung silau matahari (visor) digital berbasis AI yang akan dipamerkan untuk pertama kalinya di pameran dagang terbesar di dunia untuk konsumen elektronik di ajang CES Las Vegas. 

Para ahli AI (Artificial Intelligence/Kecerdasan Tiruan) Bosch mengembangkan inovasi produk untuk mobilitas, rumah pintar, dan Industri 4.0. Produk AI pertama dari Bosch untuk sektor otomotif, yang akan diluncurkan perdana di Las Vegas dan dikembangkan di AS.

Virtual Visor, yaitu pelindung silau matahari digital transparan. Layar LCD transparan yang terhubung dengan kamera pemantau interior mendeteksi posisi mata pengemudi. Menggunakan algoritma cerdas, Virtual Visor menganalisis informasi tersebut dan hanya menggelapkan bagian kaca depan – yang apabila tersorot sinar matahari yang dapat membuat silau pengemudi.

 

Di ajang CES Best of Innovation Awards, Virtual Visor mendapat nilai tertinggi pada kategorinya. Layar 3D Bosch yang baru juga menang dalam kategorinya. Dengan menggunakan teknologi 3D pasif, layar tersebut menghasilkan efek tiga dimensi yang nyata untuk gambar dan sinyal peringatan. Dengan demikian informasi visual ditangkap lebih cepat daripada saat ditampilkan di layar konvensional, sehingga meningkatkan keselamatan di jalan.

Sistem pemantauan interior kendaraan yang baru dari Bosch juga menawarkan keamanan tambahan. Sistem ini mampu mendeteksi pengemudi yang mengantuk atau sedang melihat ponsel pintar berdasarkan pergerakan kelopak mata, arah pandangan, dan posisi kepala serta mengingatkan pengemudi tentang adanya situasi gawat.

Sistem juga memantau interior kendaraan untuk mendeteksi berapa jumlah penumpang dan di mana mereka duduk, serta bagaimana posisi duduk mereka. Dengan demikian, pengoperasian sistem keselamatan dapat dioptimalkan, misalnya fungsi kantong udara dalam keadaan darurat.

Bosch menggunakan AI dan internet of things (IoT) untuk menjadikan hidup lebih mudah dan seaman mungkin bagi masyarakat. Slogan “AI yang bermanfaat. Bersama-sama membangun kepercayaan” merupakan intisari dari pendekatan teknologi dan layanan Bosch. [dp/BGS]