Penjualan BMW Group Indonesia Tumbuh 11% di 2019 | dapurpacu.id

Penjualan BMW Group Indonesia Tumbuh 11% di 2019


DAPURPACU – BMW Group Indonesia mencatat pertumbuhan penjualan sepanjang 2019. Dengan total transaksi mencapai 3.675 unit kendaraan BMW dan MINI, terjadi kenaikan 11% dibandingkan tahun sebelumnya.

Rinciannya, 2.943 unit BMW terjual sementara untuk MINI terkirim 732 unit, termasuk di dalamnya BMW Certified Used Car dan MINI Certified Used Car.

“BMW Group Indonesia mengalami pertumbuhan sekali lagi pada 2019. Ini berarti BMW Indonesia telah memilih strategi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya meskipun ada sejumlah halangan,” kata Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia.

“Terlepas dari berbagai tantangan tadi, kami memiliki target untuk terus perkuat posisi di Indonesia dan menjadikan 2020 sebagai tahun yang penuh kesuksesan,” tambahnya.

Ramesh pun berjanji akan perkenalkan lebih banyak rangkaian kendaraan BMW terbaru tahun ini, dan 2020 akan menjadi tahun pertama di mana rangkaian kendaraan yang diluncurkan 2019 dijual secara penuh.

Dijadwalkan BMW M8 Grand Coupe akan segera dirilis tahun ini. Begitu juga untuk lini produk MINI yakni New MINI Clubman bersama dengan edisi khusus MINI lainnya.

Baca juga:  BMW Masih Tahan Produksi X5 Bermesin Hidrogen

Ramesh tak memungkiri peluncuran serangkaian model MINI edisi khusus seperti Ice Blue Edition dan MINI 60th Years Edition, mampu mendukung kesuksesan penjualan hingga tumbuh 34,6% dibandingkan 2018.

Secara global, BMW Group melaporkan rekor penjualan ke-9 yang diraih secara berturut-turut pada 2019, dengan total penjualan 2.520.307 unit kendaraan BMW, MINI dan Rolls-Royce.

Angka ini naik 1,2% dibandingkan tahun sebelumnya. Tak hanya kendaraan konvensional, penjualan kendaraan listrik BMW dan MINI juga meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

Di akhir 2019, 500.000 unit mobil listrik dari BMW Group digunakan di seluruh dunia. Dengan begitu BMW Group mengukuhkan posisinya sebagai pabrikan mobil premium dunia selama 16 tahun berturut-turut.

BMW Membukukan Hasil Positif

Penjualan kendaraan baru BMW naik 6% pada 2019 menjadi 2.500 unit (dibandingkan dengan 2,360 tahun sebelumnya). Rangkaian produk SAV berkontribusi besar terhadap pertumbuhan volume penjualan ini.

Baca juga:  Hanya 350 Unit, BMW M5 Edition 35 Years Resmi Dijual

BMW X3 terbaru mencatat pertumbuhan tertinggi dari semua model dengan peningkatan 119%, dengan penjualan 265 unit, diikuti X5 terbaru yang terus perkuat posisinya dengan pertumbuhan hingga 114%, dengan total penjualan 327 unit.

Tiga model terlaris BMW pada 2019 adalah BMW X1 dengan kontribusi 26% dari total penjualan, diikuti oleh BMW Seri 3 (24%) dan BMW Seri 5 (17%).

Dari sub-brand BMW i, BMW i3 mencatatkan tahun 2019 sebagai titik penting dalam perkembangan kendaraan listrik di Indonesia. Peluncuran BMW i3 yang dioperasikan dengan baterai listrik di Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019 tandai babak baru bagi BMW Indonesia.

MINI Mencetak Rekor Baru

Penjualan MINI pun tak yang melonjak ke rekor 700 unit pada 2019, atau naik 34,6% dari tahun tahun sebelumnya sebanyak 520 unit. Penjualan MINI Countryman meningkat tajam dengan pengiriman 273 unit.

Baca juga:  BMW Masih Tahan Produksi X5 Bermesin Hidrogen
MINI Ice Blue Edition hanya menyisakan kurang dari 5 unit, dari ‘jatah’ 50 unit yang disediakan untuk Indonesia.

Angka itu naik 46,8% dari 186 unit di tahun sebelumnya, sementara penjualan MINI 3-Door juga naik menjadi 260 unit, naik 32% dari angka tahun sebelumnya 197 unit.

“Tahun ini akan menjadi tahun yang menantang namun sangat menarik bagi BMW dan MINI. Dengan jajaran model inovatif dan rencana strategis yang baik untuk menangkan segmen pasar target baru, BMW Group Indonesia yakin akan hadapi tantangan tahun ini dan mencapai pertumbuhan yang kuat di Indonesia,” imbuh Ramesh.

Indonesia memiliki basis konsumsi domestik yang besar dan kelas menengah ke atas yang terus tumbuh, dan BMW Group Indonesia percaya akan terus tumbuh secara substansial.

“Dengan peningkatan dan tumbuhnya brand awareness BMW dan MINI di Indonesia, kami yakin dapat terus tumbuh dan memenuhi kebutuhan pelanggan di Indonesia yang terus berkembang,” pungkasnya. [dp/MTH]