Jasa Marga Siap Operasikan Sebagian Paket 3 Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan | dapurpacu.id

Jasa Marga Siap Operasikan Sebagian Paket 3 Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan


DAPURPACU – PT Jasa Marga (Persero) optimis sebagian Paket 3 Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan dapat dilintasi saat libur Lebaran 2020 secara fungsional.

Hal ini dikarenakan pekerjaan konstruksi ruas tol dari Taman Mekar – Sadang sepanjang 27,85 Km jauh lebih siap dikarenakan kondisi lahan dibandingkan dengan paket lainnya.

Dengan kondisi ini, Direktur Utama PT JJS Dedi Krisnariawan Sunoto mengaku optimis bahwa sepanjang 8,7 Km (Sadang-Jalan Industri) dari total panjang 27,85 km Paket 3 Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan dapat beroperasi fungsional pada arus balik Lebaran tahun ini.

“Para pengguna Jalan Tol Purbaleunyi dari arah Bandung menuju ke Jakarta bisa keluar di Simpang Susun Sadang lalu masuk ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan, untuk kemudian melewati akses Jalan Industri (Curug-Kosambi) dan bisa masuk lagi ke Jalan Tol Jakarta – Cikampek melalui Gerbang Tol Karawang Timur,” jelas Dedi.

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan sendiri memiliki panjang 62 Km yang terdiri atas 3 paket, yaitu:
a. Paket 1 (Jati Asih – Setu/JORR W2) sepanjang 9,3 Km
b. Paket 2 (Setu – Taman Mekar) sepanjang 24,85 Km
c. Paket 3 (Taman Mekar – Sadang) sepanjang 27,85 Km

Dedi menambahkan bahwa pembebasan lahan untuk Paket 3 hingga 15 Januari lalu telah mencapai 73,88%, sedangkan progres konstruksinya telah mencapai 12,58%.

Sementara untuk Paket 1 statusnya kini dalam tahapan penyelesaian Detail Engineering Design (DED), sedangkan untuk Paket 2 dalam persiapan tender,” ujar Dedi.

Bila sudah beroperasi penuh nanti, lanjut Dedi, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Jakarta menuju Cikampek dari sisi selatan. Selain itu, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan juga terhubung dengan JORR I, JORR II dan Jalan Tol Cipularang.

“Dengan demikian, dapat pula menurunkan biaya logistik distribusi barang menuju dan dari wilayah-wilayah yang dilewati kedua jalan tol tersebut,” tutup Dedi. [dp/MTH]