AXIC Bakal Gelar Jamnas ke-6 Akhir Pekan ini | dapurpacu.id

AXIC Bakal Gelar Jamnas ke-6 Akhir Pekan ini


DAPURPACU – Komunitas AvanzaXenia Indonesia Club (AXIC) bakal menghelat hajat tahunan mereka jambore nasional (jamnas) ke-6 mereka akhir pekan ini.

Berlangsung di area Karawang, Jawa Barat, Jamnas kali ini telah menjadi agenda wajib setiap periode kepengurusan AXIC. Selama dua hari, 29 Februari – 1 Maret 2020, ragam agenda bakal digelar.

Taufik Hidayatullah, Ketua Umum AXIC, mengatakan dipilihnya Kota Karawang karena lokasinya berada di tengah-tengah Pulau Jawa sehingga cenderung lebih mudah dijangkau oleh para anggota AXIC dari Pulau Sumatra hingga Papua.

“Jadi seluruh anggota baik dari Indonesia bagian timur, seperti Bali dan Jawa Timur, maupun bagian barat seperti dari Pulau Sumatra, bisa dengan mudah menjangkau lokasi ini karena tidak terlalu jauh,” kata Taufik.

Jamnas kali ini menyusul even serupa dua tahun lalu di Malang, Jawa Timur. Dengan lokasi yang mudah terjangkau, Taufik meyakini para anggota bisa menggunakan mobilnya menuju venue.

Meski begitu diharapkan sebelum berangkat mobil yang dipakai mendapat pengecekan di bengkel resmi supaya kondisinya prima. Panitia jamnas juga sudah menyiapkan bengkel resmi rekanan AXIC untuk membantu pekerjaan ini di lokasi jamnas nanti.

“Tema Jamnas tahun ini adalah ‘Satu Axic dalam Keberagaman’. Harapannya jamnas ini bisa mengumpulkan dan menyatukan anggota klub mobil sejuta umat ini dari seluruh Indonesia,” tuturnya.

Adapun rangkaian jamnas kali ini meliputi car contest, hiburan musik, live band dan DJ, workshop pembuatan konten video, rapat anggota istimewa (RAI), serta games menarik, selain tentunya jadi ajang kopi darat terbesar.

Para peserta juga akan membagikan tas daur ulang (reused) kepada perwakilan Masyarakat Karawang Anti-Plastik. Ini bentuk tanggung jawab sosial AXIC untuk menggugah kesadaran publik tentang dampak sampah plastik bagi lingkungan.

Menurut Taufik, aksi peduli lingkungan ini merupakan lanjutan dari gerakan serupa di Jakarta dan Semarang yang berlangsung pada tahun lalu.

“Diharapkan para anggota bisa bersilaturahim dan saling kenal satu sama lain secara langsung, sembari menikmati Kota Karawang dan obyek wisatanya,” pungkasnya. [dp/MTH]