Gagal Digelar, TCF Center Alih Fungsi Jadi Rumah Sakit | dapurpacu.id

Gagal Digelar, TCF Center Alih Fungsi Jadi Rumah Sakit

Pameran NAIAS 2020 terpaksa gagal, sementara venue dijadikan RS lapangan sementara oleh pihak penyelenggara.

DAPURPACU – Penyebaran Covid-19 yang terbilang cukup di berbagai belahan dunia, telah membatalkan sejumlah gelaran akbar industri otomotif. Dua pameran yakni Geneva Motor Show dan New York Motor Show resmi dibatalkan pelaksanaannya.

Tak hanya sampai disitu, kali ini North American International Auto Show (NAIAS) atau lebih dikenal dengan Detroit Auto Show tahun ini juga resmi dibatalkan.

Awalnya pihak penyelenggara telah mengambil keputusan untuk menundanya hingga Juni mendatang, tepatnya pada 9 – 20 Juni 2020. Tapi apa daya Kota Detroit tercatat menjadi negara bagian memiliki jumlah kasus positif terbesar hingga mencapai 1.377 orang.

TCF CEnter

Sebagai gantinya, TCF Center atau lebih dikenal dengan Cobo Center beralih fungsi menjadi rumah sakit lapangan sementara pasien Covid-19 hingga enam bulan ke depan.

Keputusan tersebut telah diambil oleh Administrasi Manajemen Darurat Federal (Federal Emergency Management Administration). Beberapa pabrikan mobil di Negeri Paman Sam pun mendukung keputusan itu.

Bahkan hampir seluruh pabrikan kendaraan di Amerika Serikat telah menutup aktivitas produksinya di pabrik guna mencegah penyebaran virus ini, menyusul upaya karantina wilayah (lockdown) yang diberlakukan oleh pemerintah.

“Kesehatan dan kesejahteraan warga Detroit dan Michigan adalah yang terpenting. TCF Center adalah lokasi yang ideal untuk fungsi penting ini pada saat kritis dan belum pernah terjadi sebelumnya ini,” kata Direktur Eksekutif NAIAS Rod Alberts dalam memo itu.

Untuk kali pertama perhelatan NAIAS 2020 dijadwalkan mundur ke bulan Juni. Ragam kegiatan luar ruang pun telah diagendakan di sepanjang Riverfront dan Hart Plaza.

Kegiatan itu meliputi test drive, demo teknologi baru, dan Motor Bella, festival pra-pertunjukan mobil Inggris dan Italia di pusat kota. [dp/MTH]