Toyota Siap Hadirkan Prius Edisi Ultah ke-20 (Lagi) | dapurpacu.id

Toyota Siap Hadirkan Prius Edisi Ultah ke-20 (Lagi)


DAPURPACU – Toyota berencana menghadirkan Prius model 2021 namun dengan ’embel-embel’ edisi khusus 20 tahun kelahiran mobil ramah lingkungan itu di Amerika Serikat. Prius sendiri muncul pertama kali di Negeri Paman Sam itu pada 2001.

Sejatinya, model khusus edisi 20 tahun sudah digulirkan Toyota pada 2017 dengan tampilan yang mencerminkan model perdana di Jepang di tahun 1997. Sebagai informasi, hingga kini Prius telah terjual lebih dari 15 juta unit di seluruh dunia.

Seperti dilansir Motor1 dari laman Carsdirect, model edisi khusus ini bakal hadir sebagai varian teratas alias Limited, dengan konfigurasi penggerak roda depan.

Meski begitu, publik di Amerika tetap ditawarkan dua varian sebelumnya yakni tipe LE dan XLE, dengan opsi penggerak roda depan. Sementara detail lain seperti emblem khusus dan pelek belum terungkap.

Hanya saja CarsDirect melaporkan bahwa Prius edisi 20th tersebut ditawarkan dalam dua warna khusus yaitu Supersonic Red dan Wind Chill Pearl, untuk menggantikan kelir Blizzard Pearl (Putih) saat ini.

Baca juga:  Pemesanan Genesis GV80 di Amerika Tembus 10.000 unit

Informasi lain terkait sisi interior, CarsDirect menyebutkan Prius 20th Anniversary Edition hanya menawarkan balutan Softex berkelir hitam.

Data lainnya seperti tingkat keiritannya juga belum bisa digali. Sebagai gambaran, Prius Eco model 2020 berada diangka 23,8 km/liter secara keseluruhan.

Angka efisiensi Prius tergolong boros dibanding Hyundai Ioniq Blue yakni 24,7 km/liter, sementara Prius model standar diperoleh 22,1 km/liter dan angka 21,3 km/liter untuk model berpenggerak AWD.

Jadi, akankah Prius 20th Anniversary Edition bakal terlihat istimewa? Toyota menjadwalkan mulai memproduksi pada Juli mendatang, namun lantaran aktivitas pabrik telah dihentikan sementara bisa jadi rencana tersebut batal.

Di balik itu, Toyota telah gencar ‘menyerang’ pasar dengan lebih dari setengah lusin lini produk ramah lingkungan, baik model kecil maupun besar. [dp/MTH]