Hingga April 2020, Xenia Terlaris ke-3 di Segmen MPV Low | dapurpacu.id

Hingga April 2020, Xenia Terlaris ke-3 di Segmen MPV Low


DAPURPACU – Kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini jelas membuat industri dan pasar otomotif Indonesia begitu kewalahan dalam menghadapinya. Di kondisi menantang tersebut hampir semua pabrikan mengklaim penjualannya merosot tajam, terlebih pada bulan sebelumnya.

Selain itu, penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk meminimalisir penyebaran virus di Jakarta, yang disusul beberapa kota lainnya membuat penjualan makin terhambat terutama di bulan April. Dan seperti merambat pada bulan ini (Mei).

Data Gaikindo mencatat hingga empat bulan pertama 2020 (Januari-April), penjualan ritel pasar otomotif nasional hanya tergapai sekitar 243 ribu unit, atau turun 28,5% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Penurunan penjualan ini juga terjadi pada Daihatsu, di mana pada periode tersebut terjadi penurunan sebesar 26,9% hingga mencapai 44.346 unit (ritel).

Meski begitu, Daihatsu mengklaim mengalami lonjakan pangsa pasar menjadi 18,2%, bila melirik penurunan secara volume pada pasar otomotif Nasional.

Baca juga:  Penerapan Platform DNGA Rilis 3 Model Terbaru

Di pasar kendaraan MPV Low, walaupun mengalami penurunan, segmen ini masih menjadi kontributor terbesar di pasar otomotif Indonesia. Tercatat, hingga April lalu, penjualan ritel MPV Low berkontribusi sekitar 20,8% dari total pasar otomotif Indonesia.

Daihatsu pun punya ‘jagoan’ di segmen ini yakni Xenia, yang diklaim berhasil merengkuh posisi ketiga model terlaris sepanjang periode itu, yakni terjual 5.000 unit, dengan pangsa pasar 10,1%.

Hal ini membuktikan bahwa Xenia yang telah berkiprah selama lebih dari 16 tahun, tetap dipercaya menjadi salah satu mobil MPV terbaik pilihan keluarga dan masyarakat Indonesia.

Sebagai informasi, sejak diluncurkan pada 2004 hingga April 2020, low MPV pabrikan berlambang ‘D’ ini berhasil terjual lebih dari 670 ribu unit.

Tak bisa dipungkiri, di tahun itu hanya dua model low MPV yang memang dirancang khusus untuk pasar Indonesia, yakni duo Astra, Toyota Avanza serta Daihatsu Xenia. Sejak itu keduanya langsung menjadi model paling favorit di Indonesia.

Baca juga:  Dukung PSBB Jakarta, Daihatsu Terapkan 25% WFO & 75% WFH

Hingga kini total ada tujuh merek dari pabrikan berbeda yang bersaing merengkuh tahta low MPV terbaik dan terlaris di Tanah Air. Melihat kondisi tersebut, Daihatsu pun tak ingin berdiam diri.

Dibuktikan dengan beragam pengembangan dan rombakan pada tampilan serta fitur, hingga ubahan model secara total sebanyak dua generasi. Terakhir dengan hadirnya Grand New Xenia.

Grand New Xenia hadir dengan desain dan fitur yang lebih stylish, performa dan kenyamanan yang lebih baik, serta menawarkan total 10 varian kepada konsumen.

Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor menuturkan walaupun sudah 16 tahun sejak pertama kali diluncurkan, Daihatsu Xenia masih tetap dipercaya oleh konsumen di Indonesia.

“Daihatsu Xenia terus menjadi model pilihan konsumen dan menjadi yang terlaris ke-3 per YTD (year to date) April 2020,” pungkasnya. [dp/MTH]