Pemintaan Mobil Baru Turun, Harga Mobkas Stabil | dapurpacu.id

Pemintaan Mobil Baru Turun, Harga Mobkas Stabil

Pencarian mobil di segmen MPV berdasarkan data OLX menurun hingga 50-60%.

DAPURPACU – Bulan Ramadhan tahun ini tidak lagi mendatangkan keuntungan bagi sektor otomotif, yang biasanya lazim terjadi pada tahun-tahun sebelumnya. Merebaknya wabah Covid-19 di dunia termasuk di Indonesia, telah berdampak di berbagai sektor.

Paling terdampak adalah sektor perekonomian masyarakat yang membuat daya beli konsumen semakin merosot signifikan. Internal OLX menunjukkan adanya penurunan jumlah permintaan (pencarian) mobil di platform OLX sekitar 40% di minggu pertama bulan Ramadan (23 April)

Presentasi tersebut berbanding jauh dengan data pada 5 Maret 2020, atau beberapa hari setelah kasus Covid-19 pertama di Indonesia diumumkan oleh pemerintah.

Pada periode yang sama, data juga menunjukkan adanya penurunan sekitar 30% pada jumlah listing mobil di platform tersebut. Meski begitu, pihak OLX mengklaim tipe mobil MPV merek Jepang masih banyak dibidik konsumen.

Ichmeralda Rachman, Direktur Marketing OLX Indonesia mengakui penurunan car listing ini sudah diduga akan terjadi di tengah kondisi perekonomian sebagian besar masyarakat terpukul akibat pandemi ini.

Baca juga:  Penjualan Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate Lampaui Target
Suzuki Ertiga menjadi salah satu model di segmen MPV yang mengalami penurunan pembelian.

“Menurunnya daya beli masyarakat secara umum serta berubahnya prioritas masyarakat untuk pembelian barang tersier seperti mobil menjadi beberapa penyebab menurunnya jumlah permintaan atas mobil di platform OLX,” ungkapnya.

Ichmeralda meyakini dengan adanya ketidakpastian ekonomi ini, dia memperkirakan kondisi tersebut akan terus terjadi sepanjang sisa bulan Ramadan 2020 ini.

“Situasi ini berbeda dengan Ramadhan 2019, di mana jumlah permintaan terus meningkat hingga minggu ketiga. Sejalan dengan itu, jumlah listing juga sempat mengalami peningkatan dan relatif stabil selama bulan itu,” ujarnya.

Terkait segmen MPV yang masih menjadi incaran konsumen, Ichmeralda mengklaim Toyota Avanza dan Innova merupakan dua merek mobil teratas pilihan para pengguna, disusul Honda Jazz dan Daihatsu Xenia.

“Preferensi merek mobil ini konsisten sebelum dan semasa pandemi. Dengan jumlah keluarga yang cenderung besar dan terbiasa hidup secara komunal, masyarakat lebih menyukai mobil yang memiliki kapasitas besar dan multiguna,” imbuhnya.

Baca juga:  Penjualan Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate Lampaui Target
Data OLX menyebutkan permintaan/pencarian Mitsubishi Pajero Sport hanya turun 30%.

Data internal OLX juga menunjukkan, meski terjadi tren penurunan jumlah listing dan permintaan akan mobil, namun tren harga tidak berubah signifikan. Harga rata-rata berada pada angka Rp193 juta, atau turun sekitar 5% dari harga rata-rata listing.

Sementara pada periode yang sama, harga rata-rata pada permintaan mobil bekas justru meningkat sekitar 5% dan berada di kisaran harga Rp146 juta. Tipe MPV masih tetap mendominasi, baik pada listing maupun permintaan akan mobil bekas.

Menariknya, meski secara umum permintaan atas mobil terus mengalami penurunan setelah pengumuman kasus Covid-19 pertama di Indonesia, data internal OLX justru mencatat permintaan atas mobil mewah hanya mengalami ‘sedikit’ penurunan.

Model-model seperti Fortuner, Alphard dan Mitsubishi Pajero Sport hanya mengalami penurunan sekitar 30%, sementara pemintaan Avanza, Ertiga dan Xenia merosot hingga sekitar 50%-60% hingga minggu pertama bulan Ramadhan 2020.

Baca juga:  Penjualan Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate Lampaui Target

“Pandemi ini memang banyak memukul kelas menengah sehingga tipe mobil keluarga pilihan kelas menengahlah yang mengalami penurunan permintaan cukup signifikan,” jelas Ichmeralda. [dp/MTH]