Inilah (Super) Power Cruiser Kawasaki Tercepat | dapurpacu.id

Inilah (Super) Power Cruiser Kawasaki Tercepat


DAPURPACU – Apa jadinya bila karakter cruiser yang disandingkan pada Kawasaki Vulcan semakin bertenaga berkat imbuhan teknologi turbocharge? Rupanya rumor tersebut dihembuskan dari negara asal pabrikan motor ini.

Sebuah laman ternama di Jepang, Young Machine mengklaim bahwa Kawasaki dikabarkan tengah merancang maha karya lain dalam wujud Vulcan H2.

Dengan embel-embel H2 dipastikan mesin yang bakal digunakan berkapasitas murni 998 cc 4 silinder supercharge, konfigurasi serupa seperti yang dipasangkan pada model Ninja H2.

Bisa saja media lokal tersebut hanya berspekulasi semata, namun rumor kian berkembang yang mengatakan pabrikan motor identik dengan warna hijau tersebut berencana untuk merombak lini produk Vulcan yang beredar saat ini di dunia.

Sebagai informasi, teknologi supercharge telah diperkenalkan oleh Kawasaki pertama kali pada 2015 untuk H2 berbasiskan mode Ninja. Berlanjut untuk model ‘telanjangnya’ Z H2 (hypernaked), empat tahun kemudian.

Meski begitu cukup diakui pengembangan mesin baru membutuhkan waktu lama, baik dari sisi R&D hingga kocek dari pabrikan. Jadi, dengan telah dirancangnya blok mesin untuk H2, masuk akal bila pihak pabrikan coba mengambil keuntungan dari potensi tersebut.

Dan nampaknya Kawasaki telah membidik ‘korban’ berikutnya untuk potensi ini, yakni dengan mengubah performa Vulcan menjadi sangat signifikan. Meski begitu cukup diakui pihak pabrikan harus juga memikirkan material sasis yang tepat guna mengendong mesin supercharge itu.

Mendengar rumor yang nampaknya bisa menjadi kenyataan, situs lokal Thailand, MotoRival coba membuat render (gambar rekaan) dari Vulcan H2. Secara desain mengaplikasi model Vulcan S dengan satu jok saja.

Desainnya memadukan lampu depan Z H2 nan tajam dengan posisi berkendara nan melandai khas sebuah cruiser. Hasilnya sebuah perpaduan ciamik antara klasik dan modern.

Sekali lagi ditegaskan bahwa desain ini hanya sebuah spekulasi, meski begitu pihak Kawasaki tidak mengonfirmasi atau pun membantah perihal hal tersebut.

Namun, andai saja Kawasaki mewujudkannya, maka Vulcan S H2 wajar bila didaulat sebagai (super) power cruiser tercepat yang pernah ada.

Di sisi lain, Indian Auto Blog berpendapat, jika benar (diproduksi) tentu saja Kawasaki tidak akan segera diluncurkan dalam waktu dekat ini. [dp/MTH]