Pelaku Industri Mulai Beroperasi, Kemenperin Tekankan Protokol Kesehatan | dapurpacu.id

Pelaku Industri Mulai Beroperasi, Kemenperin Tekankan Protokol Kesehatan


DAPURPACU – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengapresiasi rencana Kementerian Perindustrian yang mengusulkan berbagai stimulus untuk kembali menggairahkan iklim usaha di Tanah Air, khususnya sektor otomotif.

Wakil Ketua Umum Gaikindo Jongkie D. Sugiarto menyampaikan, saat ini sektor industri otomotif di dalam negeri membutuhkan dukungan dari regulator, khususnya Kemenperin.

“Wabah Covid-19 mengakibatkan turunnya daya beli masyarakat dan berdampak pada operasional, serta produktivitas industri otomotif,” papar Jongkie di Jakarta, Minggu (31/5) lalu.

Seperti diketahui, dalam rangka menggairahkan kembali sektor industri di Indonesia, Kemenperin telah menggelontorkan sejumlah kebijakan strategis sebagai upaya memacu pertumbuhan ekonomi nasional di tengah masa pandemi Covid-19.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Menurut Jongkie, salah satu kebijakan Kemenperin yang disambut positif, yaitu penerbitan Izin Operasional Mobiitas dan Kegiatan Industri (IOMKI), yang dapat menjamin industri untuk tetap produktif sehingga bisa memenuhi kebutuhan pasar.

“IOMKI memiliki peran penting dalam upaya mengairahkan sektor industri di dalam negeri tetap produktif, tetapi dengan mengikuti protokol kesehatan,” tambahnya.

Baca juga:  GAIKINDO Rencanakan Gelar Jakarta Auto Week Awal Tahun 2021

Dia menambahkan, industri otomotif siap menjalankan kebijakan strategis yang diarahkan oleh pemerintah dalam upaya pemulihan sektor industri dan ekonomi nasional, terutama dalam tatanan new normal nanti.

“Kami berharap industri akan segera pulih dengan mulai dijalankannya kebijakan IOMKI tersebut,” harap Jongkie lebih lanjut.

Karyawan PT MKSI tengah merakit Mitsubishi Xpander di pabrik.

Sebagai informasi, hingga kini, terdapat sekitar 17 ribu IOMKI yang telah dikeluarkan kepada perusahaan industri dan perusahaan kawasan industri melalui Sistem Informasi Industri Nasional (SIINas).

Disisi lain, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menegaskan, pihaknya berkomitmen untuk terus mendorong operasional sektor industri nasional di tengah pandemi saat ini.

Namun demikian, hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah setiap kegiatan industri harus dijalankan dengan berpedoman pada protokol kesehatan.

“Sesuai Surat Edaran Menperin Nomor 8 Tahun 2020, perusahaan yang memiliki IOMKI wajib melaporkan implementasi protokol kesehatan seminggu sekali, dan ada sanksi untuk pelanggaran aturan ini,” jelas Menperin.

Baca juga:  Segmen Fleet Bikin Penjualan Karimun Wagon R Melonjak

Selanjutnya, Kemenperin juga terus berkoordinasi dengan pemerintah provinsi untuk meningkatkan pengawasan dan pembinaan terhadap perusahaan industri yang masih beroperasi. [dp/MTH]