Toyota Fortuner Anyar Mulai Menggoda | dapurpacu.id

Toyota Fortuner Anyar Mulai Menggoda


DAPURPACU – Sudah saatnya Toyota Fortuner berganti tampilan setelah SUV model generasi kedua yang beredar saat ini meluncur sejak 2015 silam.

Fortuner generasi pertama lahir ke dunia pada akhir 2004, yang menggunakan basis pickup Hilux.

Sama seperti Hilux, yang versi anyarnya dibekali mesin anyar yang lebih bertenaga, Fortuner model 2021 juga akan mengusung mesin yang sama, yakni mesin 2.8-liter turbodiesel bertenaga 201 horsepower (150 kilowatt) dan torsi 369 pound-feet (500 Newton-meter).

Dibandingkan mesin lama, dapur pacu baru ini tenaganya meningkat 27 hp (20 kW) dan torsinya naik 37 lb-ft (50 Nm), demikian penjelasan Toyota Thailand dalam pernyataan resminya.

Tapi meski mesinnya lebih besar, konsumsi bahan bakar justru lebih irit. Toyota mengklaim mesin anyar Fortuner lebih irit 17 persen dibandingkan versi lama. Hal itu berkat perbaikan pada sistem pendinginan.

Kelebihan lain dari Fortuner 2021 ketimbang model lama adalah kemampuan menarik beban (towing capacity) yang kini mencapai angka 3.100 kilogram atau 300 kg lebih besar ketimbang model sebelumnya.

Di beberapa negara, Toyota juga akan merilis Fortuner dengan mesin baru tapi kapasitasnya lebih kecil, yaitu 2.4-liter diesel, yang menghasilkan tenaga 148 hp dan torsi 295 lb-ft (400 Nm).

Adapun kedua mesin diesel baru Toyota ini bisa dicangkokkan pada model berpenggerak roda belakang atau empat roda. Untuk pasar Thailand, Fortuner baru ditawarkan hanya untuk versi bertransmisi matik 6 percepatan.

Seperti yang sudah-sudah, versi facelift biasanya hanya menyasar sedikit bagian, seperti lampu utama dan lampu belakang yang kini LED. Kemudian desain bumper depan dan belakang juga mengalami ubahan.

Yang paling kentara perbedaan antara Fortuner lama dengan yang baru adalah bagian wajahnya. Fortuner anyar kini terlihat lebih modern dan gagah.

Sementara di Thailand, dan mungkin di beberapa negara lain, Toyota melengkapi SUV pesaing Mitsubishi Pajero Sport ini dengan varian bernama Legender.

Untuk Lagender yang diposisikan di atas Fortuner, dibekali peranti standar lebih banyak, memiliki warna bodi two-tone dan roda berukuran 20 inci.

Mengintip kabinnya, Legander dilengkapi layar hiburan 8 inci dan mendukung aplikasi Android Auto dan Apple CarPlay.

Saat ini Toyota Thailand sudah mulai membuka pemesanan untuk Fortuner maupun Legander. Untuk Fortuner bahkan sudah akan diantar ke rumah konsumen pada akhir bulan ini, sedangkan Legender baru bisa dinikmati hingga Agustus mendatang. [dp/TGH]